Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/04/2022, 04:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Pisang adalah buah yang kaya akan nutrisi dan telah dikenal sebagai sumber makanan yang baik untuk pencernaan. Manfaat pisang yang sehat, ternyata juga baik untuk dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa.

Selama menjalankan puasa Ramadhan, maka penting untuk tetap memperhatikan asupan makanan yang sehat. Ada banyak jenis makanan terbaik yang dapat dikonsumsi selama menjalankan puasa, baik yang dikonsumsi saat sahur, maupun berbuka puasa.

Salah satunya makan buah. Ada banyak jenis buah yang dapat dikonsumsi untuk menyeimbangkan asupan makanan sepanjang menjalankan puasa, seperti buah pisang.

Dikutip dari Healthifyme, Kamis (21/4/2022), makan buah pisang ternyata adalah cara yang bagus untuk menjaga asupan makanan tetap rendah dan menghindari makan berlebihan selama menjalankan ibadah puasa.

Sebab, buah pisang memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, serta menyehatkan pencernaan.

Khasiat dan manfaat buah pisang

Kandungan pisang, sangat kaya akan potasium atau kalium. Manfaat nutrisi pada buah pisang ini dapat menekan rasa haus dan membuat Anda lebih terhidrasi untuk waktu yang lama.

Baca juga: Manfaat Kulit Pisang untuk Tanaman dan Kesehatan

Sehingga, manfaat makan pisang saat sahur ternyata sangat baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan tetap berenergi selama menjalani puasa satu hari penuh.

Potasium atau kalium yang terkandung dalam buah pisang, adalah mineral penting yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Dikutip dari WebMD, makanan yang kaya akan kalium akan dapat membantu mengatur tekanan darah, sebab mineral tersebut akan membantu tubuh mengeluarkan banyak natrium saat Anda buang air kecil.

Selain itu, kalium atau potasium seperti pada buah pisang, memiliki manfaat yang baik dalam melemaskan dinding pembuluh darah, sehingga membantu menurunkan tekanan darah.

Manfaat pisang tak hanya dapat membuat tubuh tetap terhidrasi, yang mana bisa dikonsumsi saat sahur.

Usai menjalankan puasa atau saat berbuka puasa, buah pisang dapat membantu meringankan sistem pencernaan. Sebab, buah pisang merupakan sumber serat dan pati resisten yang bagus, serta sangat ideal untuk pencernaan.

Manfaat kandungan buah pisang, yakni pati resisten dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dengan jumlah yang sedikit, dan membantu menjaga kesehatan usus, serta dapat menurunkan gula darah, yang tentunya cocok dikonsumsi saat sahur.

Baca juga: 7 Manfaat Pisang, Baik untuk Diet hingga Penyakit Diabetes

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com