Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kandungan Gizi Pisang yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Kompas.com - 10/08/2021, 10:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Pisang merupakan sumber serat, potasium, vitamin B6, vitamin C, dan berbagai antioksidan serta fitonutrien yang sehat.

Dengan kandungan tersebut, pisang mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya adalah menyehatkan jantung dan mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus.

Satu buah pisang berukuran sedang atau 100 gram mengandung 89 kalori, 75 persen air, 1,1 gram protein, 22,8 gram karbohidrat, 12,2 gram gula, 2,6 gram serat, dan 0,3 gram lemak.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah kandungan gizi pisang yang bermanfaat untuk kesehatan:

1. Karbohidrat

Pisang merupakan sumber karbohidrat yang kaya, yang utamanya berbentuk pati pada pisang mentah dan gula pada pisang matang.

Baca juga: 7 Manfaat Pisang, Baik untuk Diet hingga Penyakit Diabetes

Komponen utama pisang mentah adalah pati. Pisang hijau mengandung hingga 80 persen pati. Selama pematangan, pati diubah menjadi gula.

Jenis gula yang paling umum ditemukan dalam pisang adalah sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Pisang matang dapat memiliki kandungan gula yang mencapai lebih dari 16 persen.

2. Serat

Pisang juga termasuk sumber serat yang baik. Beberapa pektin dalam pisang larut dalam air, terutama jika pisang sudah matang.

Saat pisang matang, proporsi pektin yang larut dalam air meningkat, yang merupakan salah satu alasan utama pisang memiliki tekstur yang lunak seiring bertambahnya usia.

3. Vitamin dan mineral

Pisang adalah sumber vitamin dan mineral yang baik, terutama untuk vitamin B6, vitamin C, dan potasium.

Baca juga: Perubahan Iklim Bikin 50 Persen Pisang Terinfeksi Penyakit Jamur

a. Kalium: Pisang merupakan sumber potasium. Makanan tinggi kalium dapat membantu menurunkn tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

b. Vitamin B6: Pisang mengandung vitamin B6 yang tinggi. Satu buah pisang berukuran sedang dapat menyediakan 33 persen dari kebutuhan harian vitamin B6.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com