Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Makan Buah Saat Sahur dan Buka Puasa untuk Tubuh

KOMPAS.com - Puasa Ramadhan dijalankan dengan waktu yang cukup panjang, yakni tidak makan dan minum selama sehari penuh. Untuk dapat memulihkan energi, makan buah, baik saat sahur maupun berbuka, ternyata memberi manfaat yang besar bagi tubuh.

Umat muslim akan menjalankan puasa dengan tidak makan dan minum dari sebelum matahari terbit hingga matahari terbenam.

Selama itu, maka tubuh akan mudah mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Oleh karenanya, sangat penting memperhatikan asupan makanan dan minuman yang cukup, agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Salah satu yang disarankan ahli gizi, seperti dilansir dari Times of India, Jumat (29/4/2022), makan buah dinilai dapat memberi manfaat yang baik bagi tubuh selama seharian penuh berpuasa.

Ahli diet Rachana Bhagwat, mengatakan bahwa makan buah setelah berpuasa dapat mengembalikan keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Manfaat makan buah, baik saat sahur maupun buka puasa, akan membantu tubuh kembali merasa segar dan berenergi untuk dapat menjalankan puasa di hari berikutnya.

Buah-buahan yang dapat dikonsumsi selama menjalankan puasa seperti pepaya, semangka, plum, pir, dan berbagai jenis buah lainnya memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Bhagwat menjelaskan, telah diamati pada orang yang berpuasa sehari penuh, yang kemudian berbuka puasa dengan makanan berkalori tinggi seperti gorengan.

Pengamatan tersebut menunjukkan bahwa sel-sel tubuh juga kelaparan, sehingga jika makanan berminyak dikonsumsi segera setelah puasa, maka sel-sel ini akan menyerap semua minyak dalam makanan seperti gorengan.

Sebab, kebanyakan makanan yang digoreng banyak mengandung lemak trans yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi profil lipid tubuh.

Oleh karenanya, makan buah saat sahur dan buka puasa akan memberikan manfaat sehat untuk tubuh, yakni membantu memulihkan energi agar siap menjalankan puasa Ramadhan esok harinya.

Manfaat sehat makan buah saat berbuka puasa

Oleh sebab itu, ahli pun menyarankan bahwa buah-buahan adalah makanan sehat untuk disantap segera setelah berbuka puasa, karena buah mengandung nilai gizi yang tinggi.

Ada banyak jenis buah yang sehat untuk dimakan saat berbuka puasa, maupun di waktu sahur sebelum berpuasa.

Salah satunya buah mangga, yang dinilai sangat baik untuk tubuh. Kandungan buah mangga adalah sumber vitamin A dan vitamin C yang sangat hebat.

Demikian juga dengan buah melon. Manfaat makan buah melon dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi baik saat sahur maupun berbuka puasa.

Sebab, melon mengandung banyak mineral dan vitamin. Di antaranya vitamin A, vitamin E, vitamin C, thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6 dan folat dalam jumlah baik.

Bahkan, manfaat buah-buahan ini dapat membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik, saat puasa sehari penuh terasa berat di hari dengan cuaca yang sangat terik.

Tak hanya itu, manfaat makan buah-buahan yang dikeringkan atau buah-buahan kering seperti kurma, pistachio atau kacang walnut, juga ternyata sangat bermanfaat untuk tubuh selama menjalankan puasa Ramadhan.

Manfaat makan buah kering ini, tidak sekadar baik untuk kesehatan, tetapi juga dapat mengembang asam setelah rasa lapar sepanjang menjalankan puasa sehari penuh.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/04/29/040200323/manfaat-makan-buah-saat-sahur-dan-buka-puasa-untuk-tubuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke