Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/03/2022, 20:25 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kematian aktris asal Thailand, Tangmo Nida belakangan ini jadi perbincangan hangat warganet di media sosial. Kasus ini pun menjadi sorotan publik, karena masih menjadi misteri terkait penyebab kematian wanita tersebut.

Seperti diberitakan Kompas.com, Minggu (6/3/2022) Tangmo Nida hilang usai menaiki speedboat yang ditumpangi bersama lima orang rekannya di Sungai Chao Phraya, Thailand pada Kamis (24/2/2022).

Pada Sabtu (26/2/2022), tubuhnya ditemukan mengambang sekitar 1 kilometer dari tempatnya dikabarkan jatuh.

Kendati masih ditelusuri oleh pihak berwajib mengenai penyebab meninggalnya Tangmo, beredar sejumlah foto dan video jenazahnya yang viral di media sosial.

Baca juga: Viral Video Warga Menjarah Truk Pengangkut Lele yang Terguling, Psikolog: Rasa Empati Terkikis

Padahal, menyebarkan foto ataupun video tersebut dapat memicu rasa ketakutan, trauma, hingga syok bagi beberapa orang.

Terkait fenomena ini, ada sebagian warganet yang masih mencari foto-foto jenazah aktris berusia 37 tahun itu. Bahkan, dalam beberapa hari terakhir foto Tangmo Nida juga menjadi kata kunci paling dicari menurut Google Trends Indonesia.

Sebenarnya, mengapa banyak warganet yang justru penasaran mencari foto kasus Tangmo Nida?

Untuk menjawab hal itu, Kompas.com menghubungi Praktisi Psikologi di Kota Solo Hening Widyastuti.

Hening menjelaskan, bahwa Tangmo Nida merupakan seorang publik figur, sehingga kasus kematiannya ini banyak dibicarakan oleh masyarakat.

"Kematiannya pun masih misteri, karena dia (Tanmo Nida) artis, publik figur, banyak orang mengenalnya, kemudian cantik pula jadinya netizen istilahnya kepo (ingin tahu) sekali," ungkap Hening, Selasa (8/3/2022).

Pada dasarnya, kata Hening, karena pengguna media sosial mudah untuk mengakses segala informasi dari seluruh dunia, maka fenomena ini sangat mungkin terjadi.

Terlebih, kasus kematian Tangmo Nida yang masih menjadi misteri semakin memicu banyak orang untuk mencari informasi, bahkan foto-foto dari jenazahnya.

"Yang jelas kalau ingin cari tahu apa pun mereka lakukan. Mereka ingin melihat gambarnya, dan sebagainya. Sebetulnya secara moral dan etika ada tata aturannya," imbuhnya.

Baca juga: Usai Foto Selfie Ghozali, Ramai Jual NFT Foto KTP dan Tubuh Tanpa Busana, Ini Kata Psikolog Sosial

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com