Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Kucing Punya Kumis? Begini Penjelasannya

Kompas.com - 09/03/2022, 17:01 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang sangat lucu dengan berbagai tingkah laku yang menggemaskan. Seperti yang diketahui, baik pada kucing jantan maupun betina memiliki kumis berwarna putih yang menghiasi wajahnya.

Lantas, kenapa kucing punya kumis, dan apa fungsinya?

Kumis merupakan bagian tubuh yang menjadi keunikan bagi hewan berbulu itu. Tak hanya itu saja, ternyata kumis pada kucing memiliki banyak fungsi penting, salah satunya adalah untuk membantu mereka menentukan arah.

Jika diamati lebih dekat, kebanyakan kucing memiliki sekitar 12 helai kumis di masing-masing sisi bibir atasnya. Kumis juga sebenarnya tumbuh di area lain seperti atas mata, telinga, bawah dagu, dan kaki depannya.

Mungkin masih banyak orang yang bertanya-tanya, sebenarnya kenapa kucing memiliki kumis?

Maka, untuk menjawab hal tersebut serba-serbi hewan membahas mengenai kenapa kucing mempunyai kumis.

Asal usul kumis kucing

Umumnya, kucing memiliki kumis lurus atau keriting dengan ukuran yang bervariasi. Kumis merupakan bagian penting dari wajah mereka.

Baca juga: Kenapa Kucing Sangat Suka Catnip?

 

Dilansir dari Pet MD, Selasa (31/8/2021) kumis kucing merupakan bagian vital yang digunakan untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Menariknya, kumis seekor kucing memiliki banyak fungsi di mana tujuan utamanya adalah sebagai alat sensorik.

Faolikel pada kumis kucing dikelilingi dengan saraf, sementara di area ujungnya terdapat sel-sel sensorik yang disebut sebagai proprioseptor.

Sel sensor tersebut dirangsang oleh getaran terkecil di rambut, sehingga memungkinkan kucing untuk merasakan benda di dekatnya. Kumis mereka juga berguna untuk menghindari ancaman, dan meningkatkan kemampuan untuk berburu.

Beberapa bukti ilmiah juga menunjukkan bahwa kumis kucing mungkin berguna saat berkomunikasi dengan kucing dari kelompok lain.

Dengan memiliki kumis, hewan ini menjadi sangat peka terhadap getaran ataupun perubahan di sekitar. Oleh sebab itu, kucing menggunakannya sebagai indra tambahan untuk melihat dunia.

Fakta kumis pada kucing

Kumis yang dimiliki kucing, seperti dilansir dari Purina, Selasa (8/3/2022) kerap digunakan untuk mengukur lubang atau area yang akan dimasukinya.

Baca juga: Tak Cuma Ketimun, Kenapa Kucing Takut Air?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com