Kompas.com - 19/01/2022, 17:31 WIB


KOMPAS.com- Setelah viral NFT foto selfie Ghozali Everyday yang dijual di OpenSea laku sampai miliaran rupiah. Banyak orang pun ikut berjualan NFT, tetapi malah justru menjual KTP dan foto tubuh tanpa busana.

Meskipun niat orang tersebut adalah ikut-ikutan untuk meraup cuan atau keuntungan uang dari penjualan tersebut. Tetapi, karya yang di perjualkan tersebut dinilai ceroboh karena membahayakan diri.

Chef Arnold Poernomo atau yang akrab disapa Chef Arnold, salah satu publik figur yang pernah membeli foto selfie Ghozali Everyday sampai viral tersebut pun kesal dengan kelakuan orang-orang itu.

Dalam podcast-nya bersama Deddy Corbuzier, Chef Arnold meluapkan kekesalannya.

"Untuk kalian yang goblok-goblok ya, upload selfie KTP dan juga lain-lain di OpenSea itu bayar ke sosial media, sosial media itu bisa di delete (hapus), di OpenSea gak bisa di delete," kata Arnold dikutip Kompas.com dalam akun YouTube Deddy Corbuzier, edisi 18 Januari 2022.

Arnold menegaskan, karya atau foto NFT yang diunggah di OpenSea tersebut tidak bisa dihapus sama sekali, kecuali dilaporkan, dan itu berbeda dengan unggah foto atau karya di media sosial yang bisa dihapus oleh pemiliknya sendiri.

"Mana ada orang upload foto KTP di NFT," tanya Deddy.

"Iya, KTP itu pencurian identitas," jawabnya.

Baca juga: Ghozali Minta NFT Selfie Dirinya Tidak Disalahgunakan, Apakah Privasinya Berpotensi Terancam?

Berbeda dengan foto selfie Ghozali NFT, jika foto yang dijual adalah foto KTP mau pun foto tubuh tanpa busana jika dijual kembali di marketplace yang lain, maka itu berbahaya.

Sebab, tidak tahu apakah nanti ada kemungkinan bisa disalahgunakan oleh orang tak bertanggung jawab untuk hal-hal yang buruk.

Sementara, orang yang mengunggah foto KTP dan foto tanpa busana ini tidak bisa dihapus sendiri kecuali dari pihak market NFT tersebut, misal OpenSea tempatnya menjual foto-foto itu.

"Ini percuma gue teriak-teriak di sosial media, gue harus mengedukasi, kalo orang edukasi di jalan mana didengerin sih, makanya gue ke sini (podcast Deddy Corbuzier) bro," kata dia.

Orang-orang yang mengunggah foto-fotonya di NFT itu seharusnya sudah tahu ketentuannya, bahwa jika foto atau karyanya dibeli, maka artinya orang tersebut mengizinkan foto itu dipergunakan dengan bebas oleh pembeli.

Artinya secara tidak langsung sudah mengizinkan adanya perlakuan terhadap foto yang dijual, misalnya KTP dan foto-foto tanpa busana itu.

"Nah, ini (foto selfie Ghozali) fotonya Ghozali diizinin (oleh Ghozali sendiri) buat dijadiin meme".

Baca juga: Viral NFT Foto Selfie Ghozali Terjual Miliaran Rupiah, Mengapa Orang Tertarik Membeli?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.