Kompas.com - 24/01/2022, 08:05 WIB

KOMPAS.com - Diet rendah karbohidrat terbukti efektif untuk menurunkan berat badan. Menurut studi, membatasi jumlah karbohidrat harian dapat mengurangi nafsu makan seseorang.

Pasalnya, diet rendah karbohidrat ini memungkinkan orang untuk makan sampai kenyang dan merasa puas, namun tetap bisa menurunkan berat badan.

Sebenarnya, berapa jumlah karbohidrat yang bisa dikonsumsi setiap harinya untuk menurunkan berat badan?

Melansir Healthline, Kamis (2/4/2020) hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah jumlah karbohidrat untuk menurunkan berat badan bergantung pada usia, jenis kelamin, tipe tubuh, dan tingkat aktivitas fisik.

Baca juga: Selain Pola Makan dan Olahraga, Ilmuwan Ungkap Kunci Penting Menurunkan Berat Badan

Selain itu, diet rendah karbohidrat juga bergantung pada tujuan menurunkan berat badan, beberapa orang mungkin mengurangi asupan karbohidrat harian sekitar 50 sampai 150 gram per hari.

Karbohidrat diketahui menyumbang 45 sampai 65 persen dari total asupan kalori harian bagi semua kelompok usia dan jenis kelamin.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menyebutkan, bahwa seseorang membutuhkan 300 gram karbohidrat untuk asupan 2.000 kalori per hari.

Apa itu diet rendah karbohidrat?

Diet rendah karbohidrat adalah membatasi asupan karbohidrat, termasuk gula dan pati seperti roti atau pasta, kemudian menggantinya dengan protein, lemak sehat, serta sayuran.

Studi tahun 2015 yang dipublikasikan di National Center for Biotechnology Information menunjukkan, bahwa diet rendah karbohidrat dapat mengurangi nafsu makan seseorang, mengonsumsi lebih sedikit kalori, dan membantu menurunkan berat badan lebih mudah dibandingkan jenis diet lain.

Tak hanya menurunkan berat badan, diet rendah lemak juga membantu mengatur kadar gula darah, tekanan darah, serta kolesterol dalam tubuh. Sehingga, dapat dikatakan bahwa diet ini baik untuk kesehatan.

Adapun jumlah karbohidrat yang diperlukan setiap orang cenderung berbeda satu sama lain. Misalnya pada orang yang aktif bergerak secara fisik dan memiliki massa otot yang lebih banyak dapat mengonsumsi karbohidrat yang lebih tinggi.

Sedangkan, orang dengan masalah metabolisme seperti obesitas maupun diabetes tipe 2, jumlah asupan karbohidratnya perlu dibatasi.

Rekomendasi jumlah karbohidrat untuk menurunkan berat badan

Sejauh ini belum ada laporan ilmiah yang menunjukkan jumlah karbohidrat yang dibutuhkan seseorang untuk menurunkan berat badan.

Kendati demikian, para ahli gizi telah merumuskan asupan karbohidrat yang dapat dikonsumsi per harinya, meliputi:

1. Mengonsumsi 100–150 gram karbohidrat per hari

Jumlah tersebut, dikatakan ahli masuk ke dalam kategori asupan karbohidrat moderat yang efektif untuk orang bertubuh kurus serta aktif secara fisik, yang ingin tetap sehat dan menjaga berat badan mereka.

Karbohidrat yang bisa dikonsumsi antara lain:

  • Semua jenis sayuran
  • Beberapa potong buah per hari
  • Pati sehat dalam jumlah sedang, seperti kentang, ubi jalar, dan biji-bijian yang lebih sehat seperti nasi dan gandum

Baca juga: Ilmuwan Ungkap Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.