Kompas.com - 19/01/2022, 18:44 WIB
Daun pegagan, salah satu obat herbal stroke pixabayDaun pegagan, salah satu obat herbal stroke

KOMPAS.comStroke merupakan penyebab kematian terbesar kedua dan kecacatan terbesar ketiga di dunia. Stroke adalah kondisi terputusnya aliran darah ke otak dan menyebabkan kerusakan otak. Penyembuhan pasien yang terkena stroke tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat, namun harus dalam jangka waktu yang panjang.

Berbagai pilihan terapi tersedia untuk penyembuhan stroke, mulai dari pengobatan konvensional, fisioterapi, serta obat herbal. Obat herbal banyak dipilih karena diyakini lebih aman untuk tubuh. Berikut ini adalah daftar obat herbal stroke yang bisa menunjang pemulihan.

1. Seledri

Sebuah penelitian di Indonesia menguji seledri sebagai salah satu bahan jamu untuk menunjang pemulihan pasien stroke. Seledri adalah tanaman yang memiliki aktivitas antihipertensi. Hasilnya, seledri mampu membantu pemulihan stroke menjadi lebih baik.

2. Pegagan

Pegagan juga merupakan obat herbal stroke yang ampuh. Pegagan, yang dikenal juga dengan nama gotu kola, memiliki efek neuroprotektif dan mampu meningkatkan fungsi kognitif. Pegagan bisa dikonsumsi setiap hari seperti jamu atau sayur biasa.

3. Sembung

Sembung adalah obat tradisional yang terkenal di Indonesia. Sembung adalah antioksidan baik yang memiliki efek antiinflamasi dan anti agregasi platelet. Hal ini membuat sembung bisa menjadi obat herbal stroke dan bisa mencegah serangan serupa di masa depan.

Baca juga: Harry Pantja Mengalami Stroke, Kenali Gejala dan Penyebabnya

4. Teh hitam atau teh hijau

Teh hitam dan teh hijau mengandung senyawa bernama flavonoid yang merupakan antioksidan kuat. Flavonoid mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa meminum teh hitam atau teh hijau 3 cangkir sehari bisa menurunkan risiko terkena stroke. Selain itu, pasien stroke yang rutin meminum teh terbukti mengalami lebih sedikit serangan stroke lagi di kemudian hari.

5. Ashwagandha

Ashwaganda dikenal juga dengan nama ginseng India. Sebuah studi pada tikus di tahun 2015 menunjukkan bahwa ashwaganda bisa mencegah dan mengobati stroke. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efeknya pada manusia.

6. Bawang putih

Bawang putih merupakan obat tradisional yang mampu mengobati banyak penyakit, termasuk stroke. Bawang putih terbukti mampu mencegah penggumpalan darah dan menghancurkan plak yang menumpuk pada permukaan pembuluh darah.

7. Kunyit

Kunyit adalah bumbu dapur yang sering digunakan sebagai obat herbal. Kunyit bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah tersumbatnya pembuluh darah.

Baca juga: 7 Penyebab Stroke yang Paling Umum, Sebagian Besar Bisa Dicegah

8. Ginkgo biloba

Ginkgo biloba adalah tanaman dari China yang terkenal baik untuk meningkatkan fungsi otak. Beberapa manfaat ginkgo biloba adalah untuk meningkatkan daya ingat dan mengurangi depresi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini mampu meningkatkan fungsi otak setelah terkena stroke.

9. Bilberry

Kelompok buah beri terkenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Khusus bilberry, buah ini mampu menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan gula darah. Keduanya sangat bermanfaat untuk menyembuhkan stroke.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.