Kompas.com - 20/01/2022, 10:31 WIB


KOMPAS.com - Sepanjang tahun, panda makan makanan rendah nutrisi dari daun bambu berserat. Namun yang menarik mengapa tubuh panda tetap gemuk dan sehat?

Sebuah penelitian pun berhasil mengungkap rahasia di balik badan gempal hewan berwarna hitam putih ini.

Mengutip Independent, Rabu (19/1/2022) rahasia tubuh panda tersebut rupanya terletak pada bakteri usus mereka.

Hal tersebut terungkap setelah peneliti dari Institute of Zoology, Chinese Academy of Sciences ini melakukan studi terhadap panda raksasa yang tinggal di Pegunungan Qinling di China.

Hampir sepanjang tahun panda memakan daun bambu berserat.

Akan tetapi selama akhir musim semi dan awal musim panas, mereka dapat menikmati rebung yang baru tumbuh dan kaya akan protein.

Baca juga: Video Hewan, Panda Ini Lebih Pilih Ngemil Bambu Dibanding Kawin

 

Dalam pengamatan tersebut, peneliti yang dipimpin oleh Fuwen Wei, Profesor Ekologi Satwa Liar dan Biologi Konservasi ini kemudian menemukan hubungan sebab akibat antara mikrobiota usus panda raksasa (flora usus) dan kemampuannya untuk mendapatkan dan menyimpan lemak meski panda hanya makan bambu.

Mereka menemukan bahwa panda mengalami perubahan mikrobiota usus musiman.

Panda liar diketahui memiliki tingkat bakteri Clostridium butyricum yang jauh lebih tinggi di usus mereka selama musim makan tunas rebung bambu dibandingkan dengan selama musim makan daun.

Itu membantu panda menambah berat badan dan menyiman lebih banyak lemak sekaligus memberikan kompensasi kekurangan nutrisi di musim ketika mereka hanya ada daun bambu saja.

Baca juga: Dahulu, Selain Makan Bambu, Panda Juga Makan Daging

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.