Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 14/07/2022, 16:43 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Healthline


KOMPAS.com - Kopi adalah minuman paling populer di dunia. Selain dianggap bisa memberi asupan energi, ternyata manfaat minum kopi juga bisa turunkan risiko penyakit serius seperti kanker.

Selain rasanya yang nikmat, kopi kaya akan antioksidan dan nutrisi yang sangat menyehatkan. Dalam satu cangkir kopi disebut mengandung vitamin B2, vitamin B5, mangan, kalium, magnesium, serta niasin.

Studi menunjukkan, bahwa minum kopi dalam jumlah yang tepat membantu menurunkan risiko terkena penyakit serius.

Dilansir dari Healthline, Senin (25/10/2021) berikut 8 manfaat minum kopi bagi kesehatan.

1. Manfaat minum kopi turunkan risiko kanker

Kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia. Gejala kanker ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam tubuh.

Khasiat kopi diklaim dapat menurunkan risiko kanker hati, dan kanker kolorektal. Studi yang dipublikasikan Elsevier pada 2007 menunjukkan, bahwa peminum kopi memiliki risiko kanker hati 40 persen lebih rendah.

Baca juga: Video Viral Keramas Pakai Kopi Hitam di TikTok, Ini Manfaat Kopi untuk Rambut

 

Begitu pula, dalam satu penelitian manfaat minum kopi pada 489.706 orang menemukan, bahwa mereka yang minum 4-5 cangkir kopi per hari memiliki risiko 15 persen lebih rendah terkena kanker kolorektal.

2. Minum kopi turunkan berat badan

Manfaat minum kopi selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan. Kafein ditemukan di hampir setiap suplemen pembakar lemak. Zat ini merupakan salah satu dari sedikit zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak.

Penelitian menemukan, kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10 persen pada orang gemuk dan 29 persen pada orang kurus. Namun, ada kemungkinan efek ini dapat berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

3. Manfat minum kopi turunkan risiko diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah masalah kesehatan yang diderita banyak orang di seluruh dunia. Kondisi ini ditandai dengan peningkatan kadar gula darah yang disebabkan oleh resistansi insulin atau berkurangnya kemampuan untuk mengeluarkan insulin.

Manfaat kopi yang dikonsumsi rutin secara signifikan dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Studi tahun 2009 menemukan, bahwa orang yang minum kopi memiliki risiko 23-50 persen lebih rendah terkena penyakit tersebut.

Baca juga: Minum Kopi Bisa Melindungi dari Penyakit Jantung, Studi Jelaskan

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com