Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar dari Kondisi Laura Anna Sebelum Meninggal, Apa Itu Spinal Cord Injury?

Kompas.com - 16/12/2021, 17:05 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selebgram sekaligus model, Edelenyi Laura Anna meninggal dunia dalam usia 21 tahun, Rabu (15/12/2021). Sebelumnya ia mengalami spinal cord injury, kondisi lumpuh akibat kecelakaan.

Sebelum dikabarkan meninggal dunia, kondisi Laura Anna sudah lumpuh akibat kecelakaan mobil bersama mantan kekasihnya, Gaga Muhammad pada 2019 lalu di Jalan Tol Jagorawi. Saat itu, Gaga berkendara dalam keadaan mabuk.

Diberitakan Kompas.com, Rabu (15/12/2021), setelah kecelakaan pada 8 Desember 2019 itu, Laura Anna yang mengalami cedera saraf tulang belakang atau spinal cord injury ini, sempat lumpuh total hingga tak bisa berjalan.

Baca juga: Kasus Laura Anna Lumpuh karena Dislokasi Tulang Leher Setelah Kecelakaan, Kondisi Apa Itu?

Selain mengalami spinal cord injury, perempuan berusia 21 tahun ini juga mengalami cervical vertebrae dislocation atau dislokasi tulang leher.

Apa itu Spinal Cord Injury yang dialami Laura Anna?

Spinal Cord Injury adalah cedera pada tulang belakang baik langsung (kecelakaan ataupun jatuh) maupun tidak langsung (infeksi bakteri atau virus) yang dapat menyebabkan kecacatan menetap atau kematian.

Cedera tulang belakang dapat mengakibatkan terjadinya paralisis, paraplegia, depresi refleks neurologis, edema dan hipoksia jaringan.

Ketua Umum Perhimpunan Spesialis Bedah Saraf Indonesia (Perspebsi) Cabang Jakarta, Dr dr Wawan Mulyawan, SpBS(K) mengatakan, kasus cedera saraf tulang belakang jumlahnya tidak sebanyak cedera pada otak. 

Kasus Spinal Cord Injury yang dialami oleh Laura Anna sejak dua tahun lalu, menjadi salah satu dari kasus cedera saraf tulang belakang di Indonesia ini.

"Tidak ada data global yang persis berapa banyak orang yang memiliki  cedera ini (akibat kecelakaan lalu lintas, jatuh atau luka tusuk atau tembak)," kata Wawan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (15/12/2021). 

Baca juga: 6 Fakta Dislokasi Tulang Leher seperti Dialami Laura Anna Pascakecelakaan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com