Kasus Laura Anna Lumpuh karena Dislokasi Tulang Leher Setelah Kecelakaan, Kondisi Apa Itu?

Kompas.com - 03/12/2021, 14:01 WIB
Laura Anna, selebgram Instagram @edlnlauraLaura Anna, selebgram


KOMPAS.com - Selebgram Laura Anna banjir dukungan saat menjalani sidang pertama terkait kasus kecelakaan mobil bersama Gaga Muhammad yang menyebabkannya lumpuh.

Kecelakaan itu terjadi pada 8 Desember 2019 silam, Gaga yang saat itu merupakan pacar Laura, mengendarai mobil dalam keadaan mabuk. Akibat kecelakaan tersebut, Laura Anna mengalami kelumpuhan hingga saat ini.

Menuntut keadilan untuk pertanggungjawaban Gaga Muhammad, Laura pun melakukan gugatan dan pada Kamis (2/12/2021) digelar sidang pertama atas kasus tersebut.

Justice for Anna pun ramai di media sosial. Beragam tagar seperti #justiceforlaura ramai ditulis sejumlah selebriti sebagai bentuk dukungan untuk Laura Anna yang lumpuh setelah mengalami kecelakaan bersama Gaga Muhammad pada 2019 lalu.

Selebram pemilik nama asli Edelenyi Laura Anna ini pun mendapat berbagai dukungan mulai dari Raffi Ahmad, Atha Halilintar, dan sejumlah artis lainnya.

Kasus Laura Anna lumpuh setelah mengalami kecelakaan yang menyebabkan cedera pada tulang belakang. Kondisi yang disebut dengan Cervical Vertebrae Dislocation atau Dislokasi Tulang Leher.

Dikutip dari Study, Dislokasi Tulang Leher adalah cedera pada area tulang belakang yang menyebabkan tulang belakang bergerak atau bergeser dari lokasi normalnya.

Baca juga: Ilmuwan Jerman Berhasil Membuat Tikus Lumpuh Berjalan Lagi, Kok Bisa?

Jenis cedera ini paling sering disebabkan oleh kecelakaan mobil atau jatuh. Seperti yang dialami kasus Laura Anna yang mengalami kecelakaan mobil akhir Desember 2019 lalu yang menyebabkan cedera pada tulang leher yang berakibat pada lumpuh.

Cedera yang melibatkan tulang belakang dapat berdampak ekstremitas atas, sebab saraf di bagian leher merupakan bagian penting yang mengontrol otot-otot di ekstremitas atas.

Oleh sebab itu, jika terjadi kerusakan saraf di bagian leher dapat menyebabkan kelemahan, kekakuan, mati rasa pada bahu, lengan dan tangan. Dengan kata lain dapat menyebabkan kelumpuhan, seperti kondisi lumpuh yang dialami Laura Anna.

Gejala dislokasi tulang belakang leher, dapat meliputi gejala-gejala ini.

  • Nyeri hebat di bagian leher
  • Nyeri yang menjalar ke bahu dan lengan
  • Mati rasa dan kesemutan di ekstemitas atas
  • Kelehan pada ekstremitas atas
  • Kekauan pada ekstremitas atas.

Lantas, bagaimana diagnosis dan pengobatan atau perawatan dari cedera dislokasi tulang leher ini?

Jika pasien pernah mengalami kecelakaan atau trauma, terutama muncul gejala nyeri leher, maka patut waspada atau curiga dengan kemungkinan terjadinya dislokasi tulang belakang atau leher, seperi kasus cedera tulang leher setelah mengalami kecelakaan yang membuatnya Laura Anna lumpuh.

Baca juga: Kisah Viral Gadis 20 Tahun Lumpuh akibat Minum Boba, Ini Kata Dokter

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.