Kompas.com - 28/11/2021, 21:20 WIB
Manfaat teh oolong freepikManfaat teh oolong

KOMPAS.comTeh oolong adalah teh tradisional dari China yang memiliki banyak manfaat. Manfaat teh oolong tidak kalah dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Teh oolong berasal dari tanaman yang sama yang digunakan untuk teh hijau dan teh hitam. Perbedaannya adalah proses pembuatannya.

Teh hijau diproduksi dari daun teh segar, sedangkan teh hitam diproduksi dengan daun teh yang mengalami proses oksidasi terlebih dahulu. Teh oolong adalah teh yang dijemur di bawah matahari dan mengalami oksidasi.

Teh oolong mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Teh oolong juga kaya akan L-theanin, yaitu asam amino yang memiliki efek relaksasi pada tubuh. Berikut adalah manfaat teh oolong untuk kesehatan dan fungsi kognitif.

Menstabilkan gula darah

Manfaat teh oolong yang pertama adalah membantu menstabilkan gula darah. Teh oolong memberikan manfaat ini dengan beberapa mekanisme, diantaranya meningkatkan resistensi insulin, menurunkan inflamasi, dan menurunkan plasma glukosa dalam darah.

Menyehatkan jantung

Beberapa studi menunjukkan rutin mengonsumsi teh akan menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Hasilnya, ini akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung hingga 61 persen.

Baca juga: Khasiat Teh Krisan, Teh Herbal yang Kaya Akan Antioksidan

Menurunkan berat badan

Teh oolong ternyata mampu menurunkan lemak tubuh dan meningkatkan metabolisme sehingga bisa menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa teh oolong mampu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh hingga 3,4 persen.

Meningkatkan fungsi kognitif

Oolong kaya akan asam amino bernama L-theanin. Kandungan ini memiliki manfaat untuk meningkatkan aktivitas otak, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi stres. Oleh karena itu, para peneliti juga meyakini teh oolong mampu mencegah berbagai penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan demensia.

Mencegah gigi berlubang

Daun teh mengandung flouride yang baik untuk gigi. Flouride umumnya ditambahkan pada produk kesehatan gigi, seperti pasta gigi dan obat kumur. Dengan meminum teh oolong, ini akan membantu mencegah gigi berlubang.
Itu dia manfaat teh oolong untuk kesehatan. Sudah minum teh hari ini?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.