Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan, Bisa Meningkatkan Fungsi Otak

KOMPAS.com - Teh oolong adalah teh tradisional dari China yang memiliki banyak manfaat. Manfaat teh oolong tidak kalah dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Teh oolong berasal dari tanaman yang sama yang digunakan untuk teh hijau dan teh hitam. Perbedaannya adalah proses pembuatannya.

Teh hijau diproduksi dari daun teh segar, sedangkan teh hitam diproduksi dengan daun teh yang mengalami proses oksidasi terlebih dahulu. Teh oolong adalah teh yang dijemur di bawah matahari dan mengalami oksidasi.

Teh oolong mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Teh oolong juga kaya akan L-theanin, yaitu asam amino yang memiliki efek relaksasi pada tubuh. Berikut adalah manfaat teh oolong untuk kesehatan dan fungsi kognitif.

Menstabilkan gula darah

Manfaat teh oolong yang pertama adalah membantu menstabilkan gula darah. Teh oolong memberikan manfaat ini dengan beberapa mekanisme, diantaranya meningkatkan resistensi insulin, menurunkan inflamasi, dan menurunkan plasma glukosa dalam darah.

Menyehatkan jantung

Beberapa studi menunjukkan rutin mengonsumsi teh akan menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Hasilnya, ini akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung hingga 61 persen.

Menurunkan berat badan

Teh oolong ternyata mampu menurunkan lemak tubuh dan meningkatkan metabolisme sehingga bisa menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa teh oolong mampu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh hingga 3,4 persen.

Meningkatkan fungsi kognitif

Oolong kaya akan asam amino bernama L-theanin. Kandungan ini memiliki manfaat untuk meningkatkan aktivitas otak, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi stres. Oleh karena itu, para peneliti juga meyakini teh oolong mampu mencegah berbagai penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan demensia.

Mencegah gigi berlubang

Daun teh mengandung flouride yang baik untuk gigi. Flouride umumnya ditambahkan pada produk kesehatan gigi, seperti pasta gigi dan obat kumur. Dengan meminum teh oolong, ini akan membantu mencegah gigi berlubang.
Itu dia manfaat teh oolong untuk kesehatan. Sudah minum teh hari ini?

https://www.kompas.com/sains/read/2021/11/28/212000623/manfaat-teh-oolong-untuk-kesehatan-bisa-meningkatkan-fungsi-otak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke