Kompas.com - 28/11/2021, 19:32 WIB
Frilled shark, hewan dengan masa kehamilan terlama Citron, Commons WikimediaFrilled shark, hewan dengan masa kehamilan terlama

KOMPAS.com - Masa ibu mengandung adalah 9 bulan. Ternyata banyak hewan yang mengandung anaknya lebih lama dari manusia, bahkan lebih dari setahun. Ini adalah daftar hewan dengan masa kehamilan paling lama di dunia.

1. Hiu

Terdapat tiga jenis hiu yang memiliki masa kehamilan sangat lama. Pertama adalah dogfish shark yang hamil selama 2 tahun. Kedua adalah basking shark yang masa kehamilannya selama 3 tahun.

Ketiga yang paling lama adalah frilled shark yang masa kehamilannya mencapai 3,5 tahun. Bayi hiu ini berkembang sangat lambat. Bayi hiu ini hanya berkembang 1,4 sentimeter setiap bulannya.

2. Black alpine salamander

Black alpine salamander adalah hewan amfibi yang hidup di Pegunungan Alpen bagian tengah dan timur. Hewan ini akan melahirkan setelah hamil selama 2 tahun.

3. Gajah

Gajah adalah hewan dengan masa kehamilan selama 23 bulan. Kehamilan gajah yang sangat lama bukan hanya karena untuk mencapai berat bayi yang sangat besar, yaitu 104 kilogram. Namun juga untuk membangun kecerdasan gajah, karena gajah adalah salah satu hewan yang paling cerdas.

Baca juga: 5 Hewan yang Memiliki Suara Terkeras di Bumi

4. Paus

Paus sebenarnya memiliki masa kehamilan yang berbeda-beda. Namun, paus orca atau paus pembunuh dan paus sperma memiliki masa kehamilan paling panjang. Paus orca hamil selama 17 bulan, sedangkan paus sperma hamil selama 19 bulan.

5. Walrus

Hewan dengan kehamilan yang lama kelima adalah walrus. Walrus hamil selama 15 sampai 16 bulan. Sedangkan hewan sejenisnya, yaitu anjing laut dan singa laut memiliki masa kehamilan yang lebih singkat, yaitu 7 bulan saja.

6. Badak

Tidak hanya sulit bereproduksi, masa kehamilan badak juga sangat lama. Masa kehamilan badak adalah 15 sampai 18 bulan. Sulitnya badan bereproduksi membuat populasi badak terus menurun. Sebanyak tiga dari lima spesies badak saat ini hampir punah.

7. Keledai

Keledai umumnya mengalami kehamilan selama 1 tahun. Namun beberapa kehamilan bisa bertahan hingga 14 bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.