Kompas.com - 28/11/2021, 19:15 WIB
Ilustrasi paus sperma. 
sciencealertIlustrasi paus sperma.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Beberapa hewan menggunakan suaranya yang sangat keras untuk mencari mangsa, mempertahankan wilayah, dan menarik perhatian pasangan.

Gendang telinga manusia akan pecah dengan suara yang frekuensinya sekitar 200 db. Sementara itu, banyak hewan yang frekuensi suaranya hampir bahkan lebih dari itu.

Dilansir dari A-Z Animals, berikut adalah daftar 5 hewan yang memiliki suara terkeras di Bumi:

1. Monyet howler (140 db)

Jeritan monyet howler jantan dapat mencapai hingga 140 db. Kerasnya suara monyet ini bergantung pada beberapa faktor.

Pertama, jeritan akan terdengan lebih keras di lingkungan yang menggemakan suara. Kedua, jika ada betina yang tertarik, monyet howler jantan akan semakin mengeraskan suaranya.

Ketiga, jantan akan berusaha beteriak sekeras mungkin saat bersaing dengan jantan lain. Keempat, teriakan jantan yang sangat keras bertujuan untuk menarik perhatian betina.

Baca juga: Suara Terkeras di Dunia, Ternyata Terjadi di Indonesia

2. Kelelawar bulldog (140 db)

Kelelawar bulldog yang tinggal di Meksiko, Argentina, dan beberapa pulau di Karibia memiliki jeritan yang 100 kali lebih keras daripada musik rock.

Kelelawar bulldog yang besar memiliki suara tertinggi, namun ia tidak dapat terbang dengan baik di udara seperti spesies kelelawar lainnya.

3. Paus biru (188 db)

Paus biru adalah salah hewan paling besar di Bumi, jadi tidak mengherankan jika ia memiliki salah satu suara paling keras di dunia.

Suara paus biru memiliki frekuensi yang sama dengan mesin kapal, sonar aktif frekuensi rendah, dan eksplorasi seismik air gun array.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.