Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mid Ocean Ridge, Pegunungan Terpanjang di Bawah Laut

Kompas.com - 28/11/2021, 18:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Tahukah kamu bahwa pegunungan terbesar di dunia justru berada di bawah laut? Nama pegunungan terbesar di bawah laut tersebut adalah Mid Ocean Ridge, atau Tanggul Dasar Samudera.

Mid Ocean Ridge

Mid Ocean Ridge terbentang hampir 65.000 kilometer. Pegunungan ini merupakan 90 persen dari seluruh gunung bawah laut. Pegunungan ini terbentang mengelilingi Bumi.

Fitur geografis di pegunungan ini sangat bervariasi. Pegunungan Mid Ocean Ridge terdiri dari gunung berapi, retakan, zona patahan, dan fitur geografis lainnya.

Pegunungan terpanjang ini terbentuk akibat lempeng tektonik Bumi yang bergerak saling menjauh. Ketika lempeng tektonik bergerak menjauh, batuan cair atau magma akan muncul ke dasar laut menghasilkan erupsi vulkanis. Sebagian besar batuan yang muncul adalah batuan basal. Batuan basal adalah batuan yang paling banyak ada di Bumi.

Perbedaan kecepatan keluarnya batuan cair tersebut membuat ketinggian pegunungan yang berbeda-beda dan menghasilkan topografi yang unik. Ketinggian titik Mid Ocean Ridge rata-rata berada di kedalaman 2.500 meter di bawah permukaan air laut.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Ratusan Ribu Gunung Bawah Laut di Laut China Selatan

Lempeng Bumi masih terus bergerak dengan kecepatan yang lambat, sehingga beberapa bagian pegunungan ini masih terus berubah. Kecepatan paling cepat pergerakan pegunungan ini adalah 10 sampai 20 sentimeter. Sedangkan kecepatan paling lambat adalah 1 sampai 3 sentimeter saja.

Kapan Mid Ocean Ridge ditemukan?

Mid Ocean Ridge ditemukan pada tahun 1950-an. Saat ini eksplorasi lautan masih sangat terbatas, hanya sekitar 5 persen dari seluruh lautan yang ada di Bumi. Oleh karena itu, penemuan pegunungan terbesar di bawah laut ini sangat lambat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com