Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kelinci Terkecil di Dunia, Nomor 1 Beratnya Hanya Setengah Kilogram

Kompas.com - 28/11/2021, 12:27 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comKelinci merupakan hewan lucu yang menggemaskan dan sering dijadikan binatang peliharaan. Ternyata terdapat beberapa spesies kelinci yang berukuran sangat kecil. Berikut adalah kelinci terkecil di dunia.

1. Columbia basin pygmy

Kelinci terkecil di dunia adalah Columbia basin pygmy. Ukuran kelinci ini saat dewasa tidak lebih dari 450 gram. Sayangnya, saat ini kelinci Columbia basin pygmy telah dinyatakan punah di alam liar.

Tenang saja, kamu masih bisa melihat kelinci kecil ini di Oregon Zoo, Amerika Serikat. Mereka adalah kebun binatang pertama yang berhasil mengembangbiakkan kelinci ini. Mereka menyelamatkan sekitar 16 ekor kelinci dan telah berhasil menambah populasinya hingga ratusan ekor.

Baca juga: Setelah Melahirkan, Kelinci Siap Kawin dan Hamil Lagi

2. Netherland dwarf

Netherland dwarf, salah satu kelinci terkecil di duniaShutterstock Netherland dwarf, salah satu kelinci terkecil di dunia

Kelinci terkecil kedua adalah Netherland dwarf. Kelinci dewasanya hanya memiliki berat setengah sampai 1 kilogram saja. Penampilan fisik kelinci ini sangat khas dengan badan yang bundar dan leher yang pendek. Walaupun menggemaskan, kelinci ini tidak direkomendasikan untuk dijadikan peliharaan karena sifatnya yang pemalu dan sering menggigit.

3. Dwarf hotot

Dwarf hotot, salah satu kelinci terkecil di duniaShutterstock Dwarf hotot, salah satu kelinci terkecil di dunia

Kelinci dwarf hotot adalah kelinci terkecil berikutnya. Beratnya hanya 1,1 sampai 1,5 kilogram saja. Penampilan kelinci ini sangat unik dan mudah dikenali. Bulunya putih bersih dengan sekitar matanya yang hitam seperti menggunakan eyeliner. Kelinci ini bisa dijadikan peliharaan karena mudah akrab dengan manusia.

4. Jersey wooly

Jersey wooly, salah satu kelinci terkecil di duniaShutterstock Jersey wooly, salah satu kelinci terkecil di dunia

Kelinci ini termasuk salah satu kelinci dengan telinga yang paling kecil. Berat kelinci ini hanya sekitar 1,1 sampai 1,6 kilogram saja. Bentuknya unik, dengan kepala kotak, kuping pendek, dan bulu yang menggemaskan.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Kenapa Kelinci Punya Dua Gigi Besar di Depan?

5. English angora

English angora, salah satu kelinci terkecil di duniaShutterstock English angora, salah satu kelinci terkecil di dunia

Dari namanya, kamu bisa tahu kalau penampakannya mirip dengan kucing angora yang memiliki bulu yang panjang. Berat kelinci ini hanya 2,2 sampai 2,7 kilogram saja. Kelinci ini berasal dari Turki dan bisa hidup hingga 12 tahun. Kelinci ini bisa diadopsi sebagai binatang peliharaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com