Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/10/2021, 17:31 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

-


KOMPAS.com - Oddie Agam mengembuskan napas terakhir, Rabu (27/10/2021) setelah mendapat perawatan usai didiagnosis mengalami kerusakan pada organ ginjal. Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan seseorang mengalami penyakit gagal ginjal.

Baca juga: Oddie Agam dan Tembang-tembang Cinta ABG Melintas Zaman

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Pasar Kemis Dr. Kiki Maharani, Sp.PD mengatakan ada banyak faktor penyebab penyakit gagal ginjal. Terutama apabila pasien memiliki riwayat penyakit komorbid, sehingga memicu masalah pada organ ginjal.

"Bisa jadi penyakit komorbidnya, misalnya punya penyakit diabetes atau hipertensi yang tidak terkontrol, sehingga itu bisa menyerang organ-organ seperti ginjal hingga jantung," kata dr Kiki saat dihubungi Kompas.com, Rabu (27/10/2021).

Ginjal adalah organ yang berbentuk seperti kacang yang berada di kedua sisi tulang belakang dan berukuran kecil. Fungsi ginjal adalah sebagai penyaring limbah dari darah, membuat urin dan membantu mengontrol tekanan darah Anda.

Penyebab penyakit gagal ginjal

Saat ada penyakit komorbid yang tidak terkontrol, kata dr Kiki, atau penyebab lain yang berdampak pada gangguan ginjal, maka itu akan menyebabkan penyakit gagal ginjal.

Baca juga: Oddie Agam Meninggal Dunia Alami Kerusakan Ginjal, Ini Cara Memeriksa Tanda Penyakit Ginjal?

Sebelum didiagnosis mengalami sakit ginjal, yakni kerusakan ginjal, Oddie Agam sebelumnya diketahui memiliki riwayat stroke.

Gangguan ginjal yang dideritanya baru diketahui saat penyanyi dan pencipta lagu tersebut dilarikan ke rumah sakit karena sulit bernapas, batuk tak berhenti hingga air seni mengeluarkan darah.

Setelah dilakukan pemeriksaan, dokter mengatakan bahwa Oddie Agam mengalami kerusakan ginjal

Dr Kiki menjelaskan penyakit gagal ginjal terdiri dari lima stadium, dari ringan, sedang hingga berat, dengan stadium 1 hingga stadium 5.

"Yang kemudian menyebabkan gagal ginjal sampai cuci darah itu kalau pasien sudah sampai stadium 5," ungkap dr Kiki.

Terkait kondisi kerusakan ginjal yang dialami musisi Oddie Agam, dr Kiki menjelaskan bahwa gangguan ginjal dapat dipastikan setelah dilakukan tes laboratoium dengan menguji urin kreatinin.

Baca juga: Penyebab Kencing Berbusa, Bisa Jadi Tanda Awal Gangguan Ginjal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com