Kompas.com - 27/10/2021, 17:30 WIB
Ilustrasi kebakaran hutan di Antartika selama periode Cretaceous 

(Maurilio Oliveira)Ilustrasi kebakaran hutan di Antartika selama periode Cretaceous

KOMPAS.com - Sebuah studi baru mengungkap bahwa pernah ada kebakaran hutan yang melanda Antartika 75 juta tahun yang lalu.

Dilansir dari Science Alert, Rabu (27/10/2021), periode Kapur akhir (100-66 juta tahun yang lalu) merupakan salah satu periode terpanas di Bumi.

Pada periode tersebut, Pulau James Ross di Antartika adalah hutan beriklim sedang yang menjadi rumah bagi konifer, pakis dan tanaman berbunga atau angiospermae.

Namun, sebuah kebakaran melanda dan membakar bagian-bagian hutan itu hingga kering. Kebakaran hanya meninggalkan sisa-sisa arang yang kemudian diambil dan dipelajari oleh para ilmuwan.

Baca juga: Terkuak, Ada Danau Baru Tersembunyi di Bawah Es Antartika

"Penemuan ini memperluas pengetahuan tentang terjadinya kebakaran vegetasi selama periode Kapur dan menunjukkan bahwa peristiwa seperti itu lebih umum daripada yang dibayangkan sebelumnya," kata Flaviana Jorge de Lima, peneliti utama studi dan ahli paleobiologi di Universitas Federal Pernambuco di Recife, Brasil.

Temuan ini pun menjadi bukti pertama dalam catatan kebakaran paleo di Pulau James Ross, yang saat ini masuk ke dalam wilayah Amerika Selatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, temuan juga menambah bukti bahwa kebakaran hutan yang spontan biasa terjadi di Antartika.

Sebelumnya, sebuah studi terpisah yang dipublikasikan tahun 2015 sudah pernah mendokumentasikan bukti pertama kebakaran hutan di Antartika Barat.

Baca juga: Letusan Gunung Berapi Awal Zaman Kapur Picu Pengasaman Laut

Sementara dalam studi terbaru ini, tim ilmuwan internasional menganalisis fosil yang dikumpulkan selama ekspedisi 2015-2016 di bagian timur laut Pulau James Ross.

Fosil-fosil tersebut berisi fragmen tanaman yang tampak seperti residu arang yang telah lapuk selama puluhan juta tahun terakhir.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.