Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Asap Kebakaran Hutan bisa Bawa Mikroba Penyebab Penyakit

Kompas.com - 19/12/2020, 12:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com- Ada fakta mengerikan dari dampak kebakaran hutan yang sering diabaikan. Tak hanya dampaknya pada kerusakan alam, tetapi ternyata juga pada kesehatan.

Leda Kobziar profesor dari Wildland Fire Science di University of Idaho dan George Thompson, Clinical Medicine at UC Davis, dalam artikel ilmiah yang diterbitkan di Science telah meminta perhatian komunitas ilmiah dalam menanggapi persoalan ini.

Keduanya menegaskan bahwa penting untuk memperhatikan dampak kesehatan dari mikroba yang terkandung dalam asap kebakaran.

Kebakaran hutan yang menyebabkan banyak asap menyelimuti langit telah menjadi peristiwa musiman yang terutama hampir sering terjadi di Amerika Serikat dan Australia.

Baca juga: Mengerikan, Bagaimana Kebakaran Hutan Membuat Langit California Jadi Oranye?

 

Seperti dikutip dari Phys, Sabtu (19/12/2020), pada tahun 2020 di Amerika Serikat bagian barat, kebakaran hutan di wilayah ini telah mencetak rekor baru.

Hal ini menyebabkan tingkat kualitas udara yang sangat tidak sehat, bahkan berbahaya bagi kesehatan selama beberapa minggu berturut-turut.

Terbukti bahwa asap kebakaran telah memberi efek signifikan terhadap kerusakan jantung dan paru-paru.

Selain itu, menyebabkan alergi pernapasan dan penyakit inflamasi, termasuk asma dan bronkitis, yang diperburuk oleh paparan asap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com