Mengerikan, Bagaimana Kebakaran Hutan Membuat Langit California Jadi Oranye?

Kompas.com - 13/09/2020, 10:02 WIB
Langit merah menyelimuti San Francisco pada hari Rabu, akibat asap dari kebakaran hutan. BBC INDONESIA/REUTERSLangit merah menyelimuti San Francisco pada hari Rabu, akibat asap dari kebakaran hutan.


KOMPAS.com - Kebakaran hutan di California, Amerika Serikat memberi dampak luar biasa pada lingkungan setempat.

Gumpalan asap menyelimuti kota San Francisco dan membuat langit di wilayah tersebut berwarna oranye hingga kemerahan.

Seperti dikutip dari BBC Indonesia, Minggu (13/9/2020), saat ini sekitar 14.000 petugas pemadam kebakaran sedang berupaya keras memadamkan 28 titik kebakaran hutan di California.

Kebakaran hutan California tersebut telah menghanguskan lebih dari 2,5 juta hektare lahan di wilayah tersebut dan sedikitnya menewaskan delapan orang.

Baca juga: Spesies Siput ini Lolos dari Kebakaran Hutan Australia, Kok Bisa?

 

Saat kebakaran terjadi, angin kencang meniup asap dan abu dari beberapa titik kebakaran di sisi utara negara bagian itu pada, Rabu lalu.

Lantas, mengapa langit California berwarna kemerahan?

Asap yang menggumpal menutup sinar matahari dan membuat langit California berwarna oranye.

Daniel Swain, seorang ilmuwan iklim di University of California, Los Angeles (UCLA) mencuit, "gumpalan asal tinggi dan sangat tebal hampir sepenuhnya menghalangi matahari,".

Para ahli juga mengungkapkan bahwa asap tersebut yang menyebabkan langit berwarna oranye menyelimuti sebagian besar wilayah tersebut.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X