Bertelur Tanpa Pejantan, Sanca 65 Tahun Ini Jadi Induk Ular Tertua

Kompas.com - 12/09/2020, 19:00 WIB
Penjaga kebun binatang menemukan ular sanca telah bertelur 7 buah meski tanpa interaksi dengan jantan. iflsciencePenjaga kebun binatang menemukan ular sanca telah bertelur 7 buah meski tanpa interaksi dengan jantan.

KOMPAS.com - Kejadian aneh terjadi di Kebun Binatang Saint Louis di Missouri. Seekor sanca bola betina bertelur padahal tak pernah berinteraksi dengan ular jantan selama beberapa tahun.

Seperti dikutip dari IFL Science, Sabtu (12/9/2020) penjaga kebun binatang mengaku kaget manakala menemukan tujuh telur sanca di dalam kandang.

Kejadian ini langka, mengingat ular sanca betina itu sudah berumur 65 tahun.

Ular yang hidup di Kebun Binatang Saint Louis ini tergolong sebagai reptil tertua, apalagi menyandang predikat baru sebagai induk.

Hal lain yang cukup mencengangkan adalah ular itu tidak melakukan kontak dengan pejantan selama 15 tahun.

Baca juga: Studi Sebut Manusia Punya Kemampuan Deteksi Ular Berbisa

Ular sanca bola (Python regius) atau yang dikenal sebagai ular sanaca kerajaan merupakan spesies asli padang rumput Afrika bagian tengah dan barat.

Dalam penangkaran, ular sanca bola biasanya bisa bertahan hidup hingga 30 tahun.

"Ular itu akan menjadi ular betina tertua yang mampu bertelur yang kami ketahui dalam sejarah," ungkap Mark Wanner, manajer herpetologi Kebun Binatang Saint Louis.

Pihak kebun binatang menyebut ada dua kemungkinan penjelasan terkait kejadi tersebut.

Pertama, ular sanca bola dan beberapa reptil lain mungkin menyimpan sperma untuk pembuahan yang tertunda. Ini adalah strategi yang memungkinkan hewan memiliki keturunan di waktu yang dianggap tepat oleh hewan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X