Studi Sebut Manusia Punya Kemampuan Deteksi Ular Berbisa

Kompas.com - 21/08/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi ular kobra Ilustrasi ular kobra


KOMPAS.com- Beberapa orang akan merasa panik dan ketakutan saat mereka melihat ular. Apalagi jika mereka minim informasi, apakah ular yang ditemui termasuk berbisa atau tidak.

Akan tetapi menurut penelitian baru, peneliti justru menyebut jika manusia ternyata punya kemampuan untuk mengenali jenis ular yang berbisa.

Peneliti menarik kesimpulan tersebut usai melakukan pengamatan terhadap sekelompok relawan.

Baca juga: Indonesia Habitat 360 Spesies Ular, Peneliti Ungkap Cara Hidup Damai dengan Mereka

Seperti dikutip dari IFL Science, Kamis (20/8/2020) peneliti melakukan studi dengan cara menunjukkan foto-foto 10 spesies ular yang terbagi menjadi ular yang berbisa dan tak berbisa.

Selanjutnya, peneliti mengukur respons rasa takut peserta dengan menggunakan alat deteksi detak jantung dan keringat.

Ilustrasi ular kobrashutterstock Ilustrasi ular kobra

Baca juga: Obat Penawar Keracunan Logam Dapat Selamatkan Korban Gigitan Ular

Dari pengamatan, para peneliti mencatat jika relawan menunjukkan respon rasa takut yang lebih kuat dan lebih lama terhadap ular berbisa dibandingkan dengan ular tak berbisa yang memiliki fisik jauh lebih menyeramkan.

Peneliti pun menyebut jika kemampuan itu merupakan intuisi yang dimiliki manusia dan telah terbentuk sejak zaman purba sebagai bagaian dari evolusi manusia untuk menghadapi bahaya.

Ular merupakan predator yang cukup berbahaya bagi primata dan juga manusia sejak dulu kala, sehingga berhadapan dengan ular menjadi sebuah masalah besar.

Baca juga: Ular Juga Bergaul Satu Sama Lain, Begini Cara Mereka Berteman

Manusia pun berevolusi untuk mempersenjatai dengan pengetahuan mengenai ular, termasuk kapan waktu yang aman untuk menghindar.

Dalam penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal PLOS One, peneliti menggunakan gambar-gambar spesies ular berbisa yang paling bertanggung jawab pada lebih banyak kematian akibat gigitan ular di seluruh dunia. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X