Kompas.com - 12/09/2020, 16:05 WIB

 csdcvs 4

KOMPAS.com - Anak berusia 13 tahun meninggal dunia setelah berenang di danau Florida. Ia meninggal akibat adanya infeksi amoeba "pemakan otak" yang langka setelah liburan keluarga, dilansir dari live science, Sabtu (12/9/2020).

Kasus ini terjadi kedua kalinya di Florida. Tanner Wall meninggal karena infeksi Naegleria fowleri pada 2 Agustus

Naegleria fowleri adalah organisme bersel tunggal yang secara alami ditemukan di air tawar yang hangat, seperti danau dan sungai, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Di Amerika Serikat sebagian besar infeksi terjadi di negara bagian selatan, terutama selama bulan-bulan musim panas setelah panas dalam waktu lama, yang meningkatkan suhu air.

Baca juga: Studi Terbaru, Kerusakan Otak Disebut Berkaitan dengan Covid-19

Tanner Wall, 13 tahun, dan keluarganya baru-baru ini tinggal di perkemahan di Florida Utara, yang memiliki taman air dan danau tempat bocah itu pergi berenang.

Beberapa hari setelah berenang di danau, Tanner mengalami beberapa gejala, termasuk mual, muntah, sakit kepala dan leher kaku. 

Awalnya ia diagnosis menderita radang tenggorokan, tetapi orangtuanya menduga Tanner mungkin memiliki kondisi yang lebih serius, sehingga mereka membawanya ke UF Health di Gainesville, Florida, untuk meminta pendapat kedua.

"Mereka berkata, 'Kami minta maaf untuk memberi tahu Anda tentang hal ini, tetapi anak Anda memiliki amoeba parasit, dan tidak ada obatnya,'" kata ayah Tanner, Travis Wall, kepada outlet berita lokal News4Jax. . 

Baca juga: Infeksi Otak Langka dari Amoeba Pemakan Otak Ditemukan di Florida

Menelan air yang terkontaminasi Naegleria fowleri tidak akan menyebabkan infeksi, tetapi jika air yang tercemar naik ke hidung, organisme tersebut dapat masuk ke otak dan merusak jaringan otak.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.