Kompas.com - 12/09/2020, 18:01 WIB
Hutan batu atau Shilin di China merupakan situs warisan dunia UNESCO. SHUTTERSTOCK/happystockHutan batu atau Shilin di China merupakan situs warisan dunia UNESCO.

KOMPAS.com - China memiliki fenomena alam yang cantik dan misterius berupa hutan batu atau Shilin. Ini merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Hutan batu ini terdiri dari formasi batu kapur seluas 500 kilometer persegi yang terletak di Kabupaten Otonomi Shilin Yi, Provinsi Yunnan, China. Lokasinya sekitar 90 kilometer dari ibukota provinsi Kunming.

Seperti kebanyakan situs, hutan batu Shilin juga memiliki legenda kuno.

Konon katanya, batu-batuan menjulang tinggi yang seperti terlihat dalam gambar muncul setelah seorang gadis cantik bernama Ashima tenggelam ke sungai.

Namun, bagaimana sebenarnya fenomena ini terbentuk?

Baca juga: Crown Shyness Kanopi Hutan yang Unik, Fenomena Apakah Itu?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam studi terbaru yang terbit di jurnal Proceedings of the National Academy of Science (PNAS) edisi 8 September 2020, para ahli menelusuri bagaimana pembentukan pilar-pilar bergerigi yang sebagian ujungnya meruncing.

Mereka menyebut bentuk runcingnya berasal dari formasi mineral yang terendam di dalam air dan perlahan-lahan larut setelah terpapar udara.

"Karya ini mengungkap bagaimana menara batu yang runcing tajam terbentuk dan menjadi keajaiban sejak berabad-abad lalu, kata fisikawan eksperimental Leif Ristroph dari Universitas New York seperti dilansir Science Alert, Jumat (11/9/2020).

"Melalui serangkaian simulasi dan eksperimen, kami menunjukkan bagaimana air yang mengalir membuat ukiran yang sangat tajam di alam," imbuhnya.

Proses pembentukan hutan batu seperti di China memang membutuhkan beberapa dekade hingga ratusan tahun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X