Kompas.com - 12/09/2020, 20:05 WIB
Ilustrasi kanker usus besar yang berpotensi menyerang orang dewasa usia muda. SHUTTERSTOCK/crystal lightIlustrasi kanker usus besar yang berpotensi menyerang orang dewasa usia muda.

KOMPAS.com - Kanker usus besar atau kanker kolorektal adalah kanker ketiga tertinggi di Indonesia.

Berdasarkan studi epidemiologi, pasien kanker kolorektal atau kanker usus besar di Indonesia ini kerap terjadi pada mereka yang berusia lebih muda.

Lebih dari 30 persen kasus terjadi pada pasien dengan usia 40 tahun atau lebih muda dari itu.

Baca juga: Mengenal CAFs, Penyebab Awal Kanker Usus Besar Menyebar

Hal ini mengkhawatirkan dan akan menjadi masalah serius di Indonesia, karena diperkirakan akan semakin banyak kasus kanker kolorektal khususnya pada pasien usia produktif.

Apalagi, jika pasien tidak menyadari dan terlambat melakukan deteksi dini, maka kanker kolorektal akan menjadi agresif dan menyebar atau metastatik dengan cepat ke organ lainnya.

Sehingga, angka harapan hidup menjadi rendah, terlepas dari terapi yang diberikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh sebab itu, dalam acara Instagram live edukasi yang digelar oleh Cancer Information Support Center (CISC), dokter spesialis bedah digestif, dr Abdul Hamid Rochanan Sp.B-KBD MKes mengatakan, kunci utama keberhasilan penanganan kanker kolorektal adalah ditemukannya kanker dalam stadium dini.

Hal ini perlu dilakukan, supaya terapi bedah kuratif dapat dilaksanakan, yang bertujuan untuk mengangkat sumber keganasan.

"Sangat penting untuk mengenali gejala dan faktor risiko kanker, serta melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan diagnosis," kata Hamid dalam saluran digital bertajuk Lika-liku Kanker Kolorektal dalam Masa Pandemi Covid-19-Kenali dan Tangani dengan Tepat, Sabtu (12/9/2020).

Baca juga: Adakah Peringatan Dini Munculnya Kanker Usus Besar?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X