Kompas.com - 27/10/2021, 19:03 WIB
Ilustrasi perubahan iklim. Peneliti pelajari perubahan iklim dari fosil cangkang yang diambil dari laut dalam. SHUTTERSTOCK/PARABOL STUDIOIlustrasi perubahan iklim. Peneliti pelajari perubahan iklim dari fosil cangkang yang diambil dari laut dalam.

KOMPAS.com - Studi survei terbaru menunjukkan, bahwa saat ini anak muda di Indonesia menaruh perhatian serius pada persoalan krisis iklim.

Menjelang momentum 92 tahun Sumpah Pemuda dan COP26 Glasgow, Indikator Politik Indonesia dan Yayasan Indonesia Cerah (CERAH) melakukan survei yang menyasar responden anak muda berusia 17-35 tahun. 

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menyampaikan, responden yang terdiri dari kaum muda ini menganggap bahwa fenomena perubahan iklim semakin mengkhawatirkan.

Baca juga: Penelitian Iklim Masa Lampau Berkontribusi untuk Memahami Perubahan Iklim Saat Ini

Sebab, perubahan iklim secara pasti akan memicu dampak yang sangat serius dan lebih luas terhadap kehidupan di muka bumi, sehingga pemerintah harus bertanggung jawab segera untuk mengatasi persoalan ini.

Sampel responden berasal dari seluruh provinsi di Indonesia yang terdistribusi secara proporsional dan mewakili lebih dari 80 juta penduduk pada Pemilu 2024.

"Survei ini adalah survei pemuda paling masif yang pernah ada di Indonesia," kata Burhan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Burhan menyampaikannya dalam konferensi pers Rilis Survei Nasional: Persepsi Pemilih Pemula dan Muda (Gen Z dan Milenial) atas Permasalahan Krisis Iklim di Indonesia, Rabu (27/10/2021).

Berikut beberapa fakta yang didapatkan dari survei persepsi anak muda tentang permasalah krisis iklim di Indonesia.

1. Kecenderungan masalah serius Indonesia

Berdasarkan survei ini, terungkap bahwa mayoritas yaitu sebanyak 82 persen responden anak muda di Indonesia mengetahui isu perubahan iklim.

Sebanyak 85 persen responden menyebutkan, korupsi merupakan isu pertama yang paling mereka khawatirkan.

Selanjutnya, diikuti dengan kekhawatiran akan kerusakan lingkungan sebanyak 82 persen responden. 

Isu polusi udara dan perubahan iklim tercakup dalam delapan besar isu yang paling dikhawatirkan anak muda.

2. Pengetahuan dampak perubahan iklim 

Menurut mayoritas responden anak-anak muda ini, perubahan iklim merupakan masalah serius yang dampaknya terhadap Indonesia hingga komunitas dan individu telah mereka rasakan saat ini. 

Responden meyakini, masalah serius dampak perubahan iklim ini sudah tergambar jelas dalam sejumlah peristiwa yang terjadi sekarang dibanding lima tahun lalu. 

Kemudian, sebanyak 63 persen responden setuju bahwa cuaca yang lebih panas pada musim kemarau adalah dampak yang paling dirasakan, diikuti perubahan cuaca mendadak 60 persen, dan 35 persen hujan serta banjir yang lebih sering terjadi.

Baca juga: Data Dua Dekade Tunjukkan Bumi Meredup karena Perubahan Iklim

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.