Kompas.com - 27/10/2021, 16:31 WIB
Musisi dan pencipta lagu Oddie Agam Instagram Oddie AgamMusisi dan pencipta lagu Oddie Agam


KOMPAS.com - Penyanyi sekaligus pencipta lagu Oddie Agam meninggal dunia pada Rabu (27/10/2021). Sebelumnya, Oddie dilarikan ke rumah sakit dan sempat kritis karena mengalami kerusakan ginjal.

Seperti diberitakan Kompas.com, Oddie dilarikan ke Rumah Sakit Persahabatan pada Rabu (6/10/2021) lalu, karena mengalami sesak napas, batuk tidak berhenti, hingga air seni keluar darah.

Baca juga: Oddie Agam dan Tembang-tembang Cinta ABG Melintas Zaman

Menurut informasi yang disampaikan Deddy Dhukun, ginjal Oddie Agam mengalami kerusakan.

"Katanya ginjalnya rusak," kata Deddy.

Lantas, seperti apa penyakit ginjal dan bagaimana cara mendeteksi gejala atau tanda dari penyakit ini?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari WebMD, tanda-tanda penyakit ginjal sering kali terlewatkan. Banyak yang terlihat seperti gejala masalah kesehatan umum. Bahkan, tanda penyakit ginjal yang parah mungkin tidak muncul sampai ginjal mungkin mengalami kerusakan atau gagal fungsi, atau yang disebut juga dengan gagal ginjal.

Oleh sebab itu, hanya sekitar 10 persen orang dengan penyakit ginjal kronis yang mengetahui atau menyadari bahwa mereka memiliki gejala penyakit ginjal.

Baca juga: Penyebab Kencing Berbusa, Bisa Jadi Tanda Awal Gangguan Ginjal

Oddie Agam meninggal dunia setelah dirawat selama beberapa pekan karena masalah kerusakan ginjal. Sebelumnya diketahui tidak memiliki sakit ginjal, sampai akhirnya dokter menemukan masalah ginjal saat penyanyi tersebut melalui serangkaian pemeriksaan medis.

Sangat penting untuk mengetahui peringatan atau tanda ginjal mengalami masalah, yang dapat membantu Anda mendapatkan diagnosis dengan tepat dan pengobatan yang lebih cepat, mencegahnya menjadi penyakit yang serius di kemudian hari.

Apa itu penyakit ginjal?

Ginjal adalah organ yang berbentuk kacang di kedua sisi tulang belakang, berukuran kecil, tetapi organ ini memiliki tugas penting dalam hal kesehatan kita.

Fungsi ginjal adalah sebagai penyaring limbah dari darah, membuat urin dan membantu mengontrol tekanan darah Anda.

Apa yang akan terjadi jika ginjal rusak?

Apabila organ ini akan berhenti bekerja, yang kemudian menyebabkan Anda mengalami penyakit ginjal atau gagal ginjal.

Penyakit ginjal bisa semakin memburuk seiring waktu, karena limbah atau racun dalam darah yang semestinya disaring oleh organ ini menumpuk di dalam tubuh.

Oddie Agam diketahui sebelum didiagnosis mengalami kerusakan ginjal, mengalami sesak napas dan kencing berdarah, sehingga kondisinya sempat kritis saat dilarikan ke rumah sakit.

Baca juga: Ilmuwan Berhasil Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia

Halaman:


Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.