Kompas.com - 19/10/2021, 19:33 WIB
Ikan bandeng, ikan yang kaya nutrisi freepikIkan bandeng, ikan yang kaya nutrisi

KOMPAS.comIkan bandeng adalah ikan air laut yang bertelur di laut dangkal di daerah dekat tebing. Ikan bandeng paling banyak hidup di Samudera Pacific dan Samudera Hindia.

Ikan bandeng adalah herbivora. Ikan ini memakan plankton, algae, dan tumbuhan. Terkadang ada ikan-ikan kecil yang termakan ketika ikan ini sedang memakan berbagai tumbuhan.

Ikan bandeng adalah salah satu ikan yang paling bergizi. Namun, duri dalam ikan ini sangat banyak sehingga orang enggan memakan ikan ini. Oleh karena itu, ikan ini sering diolah dengan presto agar bisa dimakan hingga ke durinya.

Kandungan nutrisi ikan bandeng

Dalam 100 gram ikan bandeng presto, terkandung gizi sebagai berikut ini:

  • Energi: 296 kalori
  • Protein: 17,1 gram
  • Lemak: 20,3 gram
  • Karbohidrat 11,3 gram
  • Kalsium: 1.422 miligram
  • Fosfor: 659 miligram
  • Zat besi: 1,9 miligram

Selain itu, ikan bandeng mengandung sodium, potasium, vitamin A, B1, dan B2.

Baca juga: Disebut Dapat Bantu Terapi Covid-19, Efektivitas Konsumsi Ekstrak Ikan Gabus Diteliti

Manfaat ikan bandeng

Ikan bandeng kaya akan berbagai nutrisi yang membuat ikan ini baik untuk tubuh Anda. Dilansir dari Health Benefits Times, berikut adalah manfaat ikan bandeng untuk kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium di dalam ikan bandeng presto sangat tinggi karena tulang dan duri ikan ini termasuk bagian yang kita makan. Kalsium adalah zat yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan bisa mencegah osteoporosis.

2. Baik untuk otak

Mengonsumsi ikan bandeng secara rutin akan membantu perkembangan otak dan memori pada anak. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam lemak omega-3. Sebagai hasilnya, anak akan lebih sehat dan lebih pintar.

3. Mencegah serangan jantung

Ini masih merupakan manfaat dari asam lemak omega-3 di dalam ikan bandeng. Kandungan ini bisa mencegah penyakit jantung dan mengontrol kolesterol.
Selain itu, kandungan potasium dalam ikan ini baik untuk pembuluh darah. Kecukupan kebutuhan potasium harian akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah serangan jantung.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.