Kompas.com - 19/10/2021, 16:33 WIB
Ilustrasi pria terkena alergi akibat pemanasan global freepikIlustrasi pria terkena alergi akibat pemanasan global

KOMPAS.com - Salah satu isu lingkungan yang saat ini sedang menjadi perbincangan adalah pemanasan global. Bahkan Climate Central, sebuah organisasi non-profit, telah merilis visualisasi meningkatnya permukaan air laut yang mungkin terjadi beberapa tahun mendatang. Peningkatan permukaan air laut ini adalah akibat dari pemanasan global.

Pemanasan global ternyata tidak hanya berdampak pada meningkatnya level permukaan air, namun juga masalah kesehatan.

Alergi, masalah kesehatan akibat pemanasan global

Sebuah penelitian yang dilakukan di Missouri, Amerika Serikat menunjukkan terdapat peningkatan konsentrasi serbuk sari di udara dan ini berkaitan dengan meningkatnya suhu Bumi.

Tingginya konsentrasi serbuk sari bisa memicu serangan asma pada orang yang memiliki riwayat alergi. Serbuk sari adalah salah satu alergen yang perlu diwaspadai para penderita alergi.

Pemanasan global menyebabkan alergi meningkat. Hal ini terbukti dengan meningkatnya serangan alergi yang terjadi di daerah tersebut.

Hubungan antara serbuk sari dan pemanasan global

Serbuk sari adalah bagian dari tumbuhan yang berfungsi untuk reproduksi tumbuhan. Serbuk sari banyak diproduksi pada saat musim panas dengan kelembaban udara yang tinggi.

Pemanasan global membuat musim panas terjadi lebih lama di berbagai belahan dunia, terutama di negara-negara empat musim. Oleh karena itu, produksi serbuk sari semakin meningkat dan bisa memicu alergi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, peneliti dari Columbia University menyebutkan bahwa tingginya karbon dioksida di udara meningkatkan tingkat alergenisitas serbuk sari.

Baca juga: Ngeri, Visualisasi Naiknya Permukaan Air Laut Akibat Pemanasan Global

Dampak alergi serbuk sari bagi kesehatan

Alergi adalah penyakit yang sangat berbahaya ketika menyerang, terutama pada anak-anak. Saat ini, sudah cukup sulit untuk mencegah anak-anak untuk terhindar dari alergi.

Berbagai alergen seperti asap rokok dan asap kendaraan, sudah menjadi masalah serius bagi anak yang rentan terkena asma. Serbuk sari menambah panjang daftar masalah yang harus dihindari pasien.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.