Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menghemat Listrik, Bisa Bantu Kurangi Pemanasan Global

Kompas.com - 31/05/2021, 16:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Menghemat listrik berarti Anda bisa menghemat uang dan mengurangi emisi karbon hasil dari pembakaran energi yang tidak ramah lingkungan. Dengan begitu, artinya Anda bertanggung jawab sebagai penduduk bumi untuk mengurangi perubahan iklim global.

Menangani perubahan iklin global merupakan salah satu target Sustainable Development Goals (SDGs) yang disusun oleh United Nations.

SDGs nomor 13 berisi tentang menangani perubahan iklim global. Energi merupakan penyumbang terbesar penyebab perubahan iklim global. Sekitar 60% emisi gas rumah kaca disebabkan karena penggunaan energi secara masif dan tidak ramah lingkungan.

Maka dari itu penting sekali untuk menghemat listrik sebagai bentuk menghemat energi.

Dilansir dari Harvard University, berikut adalah beberapa cara menghemat listrik yang bisa Anda lakukan di rumah.

Baca juga: Greenpeace Soroti Rencana PLN Membangun Pembangkit Listrik Batu Bara

Matikan komputer Anda

Komputer adalah salah satu benda elektronik yang terus menggunakan energi listrik. Pada malam hari, biasakan untuk mematikan komputer atau laptop Anda.

Menggunakan screensaver akan membuat komputer atau laptop Anda mengonsumsi banyak energi listrik yang sia-sia. Komputer generasi sekarang tahan dinyalakan dan dimatikan hingga lebih dari 40.000 kali.

Jadi tidak ada alasan untuk tidak mematikan komputer Anda pada malam hari atau saat tidak digunakan.

Gunakan lampu LED

Salah satu penggunaan penting energi listrik adalah untuk pencahayaan. Menggunakan lampu LED sangat signifikan untuk mengurangi konsumsi listrik hingga 75% dibandingkan dengan bohlam biasa. Selain itu, lampu LED tahan lebih lama hingga 25 kali dibandingkan dengan bohlam biasa.

Cabut kabel yang tidak perlu

Kabel benda yang tidak selalu digunakan seperti televisi, printer, atau microwave akan tetap menggunakan listrik walaupun dalam jumlah yang kecil.

Kondisi ini disebut juga dengan vampire power. Dinamakan demikian karena listrik tetap berjalan walau benda elektronik tersebut tidak digunakan. Dengan mencabut kabel yang tidak perlu, ini akan menghemat listrik Anda.

Gunakan kabel terminal

Jika Anda memiliki beberapa benda elektronik yang membuat kondisi vampire power di rumah Anda, Anda bisa mencoba menggunakan kabel terminal.

Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot untuk mencabut dan memasang beberapa kabel setiap harinya. Cukup mencabut satu kabel, Anda sudah bisa memotong vampire power di rumah Anda dan bisa menghemat listrik.

Baca juga: 35 Tahun Peristiwa Chernobyl, Bagaimana Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Itu Bisa Meledak?

Matikan lampu

Mematikan lampu adalah langkah yang paling mudah, namun sangat memberikan dampak untuk penggunaan listrik. Matikan lampu yang tidak Anda gunakan. Misalnya, lampu kamar mandi atau lampu dapur ketika sudah selesai makan.
Demikian cara menghemat listrik yang sangat mudah dilakukan di rumah Anda. Sudah matikan lampu ruangan sebelah?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com