KILAS

Disebut Dapat Bantu Terapi Covid-19, Efektivitas Konsumsi Ekstrak Ikan Gabus Diteliti

Kompas.com - 11/07/2021, 20:37 WIB
Sheila Respati

Penulis

KOMPAS.comIkan gabus menjadi pembicaraan di tengah pandemi Covid-19. Ikan air tawar dengan nama latin Channia striata tersebut memiliki kandungan albumin yang dikatakan dapat membantu terapi pasien.

Sebagai informasi, albumin merupakan senyawa protein yang dominan ditemukan dalam plasma darah.

Mengutip penjelasan dari jurnal berjudul Physiology, Albumin (2020) yang disusun oleh peneliti dari Mayo Clinic Rajat N Moman, peneliti asal Columbia University Amerika Serikat (AS) Nishant Gupta, dan peneliti dari Penn Highlands Healthcare System AS Matthew Varacallo, albumin memiliki beragam fungsi dalam tubuh manusia.

Salah satunya adalah menjaga tekanan onkotik atau tekanan yang membantu membawa cairan dan senyawa lain di dalam tubuh. Contohnya, sebagai pengantar obat-obatan ke dalam sel saat perawatan penyakit tertentu. Selain itu, albumin juga dapat mencegah inflamasi atau peradangan.

Meski demikian, dalam perawatan medis, mayoritas pemberian albumin dilakukan melalui infus (intravena). Efektivitas konsumsi albumin secara oral pun diteliti oleh perusahaan bioteknologi Nucleus Farma.

Baca juga: Kini Diklaim Bantu Sembuhkan Pasien Covid-19, Ini 4 Manfaat Ikan Gabus

Sejumlah peneliti dan praktisi dari beragam disiplin ilmu kesehatan dilibatkan dalam penelitian tersebut.

CEO Nucleus Farma Edward Basilianus mengatakan, penelitian ini merupakan dukungan pihaknya sebagai perusahaan farmasi dan bioteknologi untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari satu tahun. Hal tersebut ia sampaikan dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (11/7/2021).

Para peneliti dan pakar terdiri dari guru besar Farmakologi Bahan Alam dari Fakultas Farmasi Universitas Pancasila Prof Dr apt Syamsudin M Biomed, dokter spesialis paru Lusi Nursilawati Syamsi, Sp P, praktisi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Dr rer nat Chaidir Amin, dan ahli statistika Dr Nurita Andayani.

Adapun albumin oral yang menjadi obyek penelitian adalah produk suplemen Onoiwa MX. Untuk diketahui, Onoiwa MX memiliki komposisi ekstrak ikan gabus, daun kelor (Moringa oleifera), dan temulawak (Curcuma xanthoriza).

Onoiwa MX dibuat dengan teknik enzymatic low pressure low temperature yang dipatenkan oleh Nucleus Farma. Teknik tersebut membuat molekul ekstrak lebih kecil dan dapat menjaga zat aktif obat lebih stabil. Dengan begitu, pengantaran obat tercapai dengan baik ke sel target.