Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trypophobia: Pengertian, Penyebab, dan Gejala

Kompas.com - 10/10/2021, 19:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Apakah melihat sarang lebah atau adonan pancake yang bergelembung membuat Anda merinding? Jika iya, mungkin Anda termasuk orang dengan trypophobia.

Tidak hanya membuat merinding, orang dengan trypophobia dapat mengalami gejala-gejala lain saat melihat lubang-lubang yang tidak beraturan.

Trypophobia merupakan salah satu dari banyak ketakutan akan hal-hal yang tidak berbahaya, seperti chaetophobia (ketakutan akan rambut) dan microphobia (ketakutan akan hal-hal kecil).

Pengertian trypophobia

Dilansir dari WebMD, istilah “trypophobia” berasal dari bahasa Yunani, yakni “trypta” yang berarti lubang dan “phobos” yang berarti ketakutan.

Seperti yang telah disebutkan, trypophobia adalah ketakutan akan pola lubang atau gundukan yang tidak teratur.

Baca juga: Fobia terhadap Anjing: Gejala dan Penyebab

Meski demikian, American Psychiatric Association (APA) mengatakan bahwa trypophobia tidak memenuhi standar sebagai fobia sejati.

Fobia sejati adalah kondisi yang menyebabkan seseorang merasa takut dan khawatir hingga dapat mengganggu rutinitas sehari-hari.

APA tidak secara resmi mengakui trypophobia dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders edisi ke-5 (DSM-5). Menurut para ahli, trypophobia lebih cenderung jijik daripada fobia.

Penyebab trypophobia

Para peneliti memiliki beberapa gagasan tentang penyebab trypophobia. Pertama, reaksi yang kuat mungkin merupakan cara untuk melindungi diri dari bahaya.

Beberapa hewan paling berbahaya di dunia, seperti katak panah beracun dan king cobra, memiliki pola seperti lubang di kulitnya yang ditakuti oleh orang dengan trypophobia.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Fobia Menurut Sains

Mungkin juga gambar lubang-lubang memicu rasa takut. Beberapa orang mungkin lebih sensitif terhadap campuran terang dan gelap dalam gambar lubang.

Menurut para peneliti, pola seperti lubang mempunyai jenis energi visual yang dapat menyebabkan reaksi yang tidak menyenangkan.

Di sisi lain, ada pula peneliti yang percaya bahwa trypophobia berasal dari kecemasan sosial. Lubang atau lingkaran tampak seperti kumpulan mata atau wajah yang menatap sehingga dapat mengganggu.

Gejala trypophobia

Gejala trypophobia sangat mirip dengan serangan panik. Orang dengan trypophobia mungkin mengalami beberapa gejala seperti:

Baca juga: Banyak Orang Takut Disuntik Vaksin Covid-19, Fobia Jarum Suntik?

  • Mual
  • Gemetar
  • Sesak napas
  • Detak jantung yang cepat
  • Berkeringat
  • Gatal
  • Merinding

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com