Kompas.com - 25/09/2021, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Andromeda adalah galaksi terbesar yang paling dekat dengan kita. Andromeda juga dikenal dengan nama M31 atau Messier 31. Andromeda dikelilingi 14 galaksi kerdil, diantaranya adalah M3, M110, dan M33 (Galaksi Triangulum).

Galaksi Andromeda adalah benda langit terjauh yang bisa diamatin dengan mata telanjang. Kita hanya perlu berada di tempat yang baik dan jauh dari sumber cahaya untuk bisa mengamatinya. Andromeda bisa diamati paling terang pada bulan November.

Karena mudahnya mengamati galaksi ini, sulit untuk menentukan siapa orang pertama yang menemukan galaksi Andromeda. Namun, Galaksi Andromeda pertama kali dibukukan oleh astronomer asal Persia bernama Abd al-rahman al-Sufi. Beliau menuliskan tentang galaksi Andromeda pada bukunya yang berjudul The Book of Fixed Stars pada tahun 964.

Profil Galaksi Andromeda

Galaksi Andromeda memiliki bentuk seperti spiral. Diameter galaksi ini adalah 220.000 tahun cahaya. Galaksi Andromeda berjarak 2,54 juta tahun cahaya dari Bumi.

Galaksi Andromeda memiliki banyak sekali nukleus ganda. Selain itu, galaksi ini memiliki lubang hitam supermasif yang tersembunyi di tengahnya.

Baca juga: Kanibalisme Galaksi Andromeda Terkuak, Target Berikutnya Bima Sakti

Galaksi Andromeda akan menabrak Galaksi Bima Sakti

Galaksi Andromeda saat ini bergerak mendekati Galaksi Bima Sakti dengan kecepatan 100 hingga 140 kilometer per detik. Diperkirakan, Galaksi Andromeda akan menabrak Galaksi Bima Sakti sekitar 4,5 milyar tahun lagi. Kedua galaksi akan bertabrakan dan membentuk galaksi yang sangat besar yang berbentuk elips.

Penggabungan sempurna antara kedua galaksi ini akan terjadi 6 milyar tahun dari sekarang. Ketika itu terjadi, matahari akan menjadi lebih besar dan menelan planet-planet terestrial.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.