Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Planet Dingin Ada di Seluruh Galaksi Bima Sakti, Studi Temukan

Kompas.com - 07/09/2021, 11:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG


KOMPAS.com - Dalam studi baru, para peneliti di Osaka University, Jepang menggunakan kombinasi pengamatan dan pemodelan untuk menemukan planet-planet dingin yang ada di seluruh galaksi Bima Sakti.

Meski ada ribuan planet yang ditemukan di Galaksi Bima Sakti, namun sebagian besar berada kurang dari beberapa ribu tahun cahaya dari Bumi.

Kendati demikian, seperti dilansir dari Phys, Senin (6/9/2021) galaksi kita ini berada di 100.000 tahun cahaya, sehingga sulit untuk menyelidiki distribusi galaksi planet.

Namun, sekarang, para peneliti yelah menemukan cara untuk mengatasi rintangan dalam menyelidiki planet-planet di luar galaksi ini. 

Para peneliti Jepang bekerja sama dengan badan antariksa nasional Amerika Serikat (NASA), menggunakan kombinasi pengamatan dan pemodelan untuk menentukan bagaimana probalitas planet-host bervariasi dengan jarak dari pusat galaksi.

Pengamatan yang dilakukan peneliti ini didasarkan pada fenomena yang disebut pelensaan mikro gravitasi. Fenomena di mana benda-benda seperti planet bertindak sebagai lensa, membengkokkan dan memperbesar cahaya dari bintang-bintang yang jauh.

Baca juga: Ditemukan Kelas Planet Baru di Luar Tata Surya, Punya Tanda Kehidupan

 

Menurut peneliti, efek ini bisa digunakan untuk mendeteksi planet dingin yang mirip planet Jupiter dan Neptunus di seluruh galaksi Bima Sakti

"Lensing mikro gravitasi saat ini menyediakan satu-satunya cara untuk menyelidiki distribusi planet di Bima Sakti," kata Daisuke Suzuki, salah satu penulis studi tersebut.

Tapi sampai sekarang, kata Suzuki, sedikit yang diketahui terutama karena kesulitan dalam mengukur jarak ke planet yang lebih dari 10.000 tahun cahaya dari Matahari.

Namun, untuk mengatasi masalah ini, para peneliti malah mempertimbangkan distribusi kuantitas yang menggambarkan gerakan relatif lensa mikro planet.

Yakni, dengan membandingkan distribusi yang diamati dalam peristiwa pelensaan mikro dengan yang diprediksi oleh model galaksi, tim peneliti dapat menyimpulkan distribusi galaksi planet.

Bahkan, dengan metode ini, planet-planet dingin mungkin bisa ditemukan di pinggiran piringan galaksi hingga tonjolan galaksi, di pusat Galaksi Bima Sakti.

Baca juga: Planet-planet Berdasarkan Tekanan Atmosfer

Halaman:
Sumber PHYSORG
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com