Kompas.com - 24/09/2021, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Sebagai orangtua, penting untuk memperhatikan tumbuh kembang bayi. Jika Anda tahu ciri ciri anak autis sejak bayi, Anda bisa mendeteksinya sedari dini.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), hanya sedikit orangtua yang melihat ciri-ciri anak autis pada tahun pertama anak. Sebanyak 80 sampai 90 persen orang tua melihat perbedaan itu pada tahun kedua anak.

Ciri-ciri anak autis sejak bayi

Autis tidak mengubah bayi secara fisik. Namun, kondisi ini akan memengaruhi bagaimana bayi berkomunikasi dan bagaimana mereka merespons rangsang di sekitar mereka.

Dilansir dari Healthline, berikut, ciri-ciri anak autis sejak bayi yang bisa Anda perhatikan.

1. Menolak kontak mata

Bayi pada umumnya akan senang melakukan kontak mata dengan orang lain. Pada usia 2 bulan, bayi akan bisa mencari lokasi orang lain dan melakukan kontak mata dengan baik.

Kontak mata pada bayi menjadi salah satu cara untuk membangun hubungan dengan orang-orang di sekitarnya. Selain itu, melalui kontak mata, bayi akan menyerap informasi dari lingkungan sekitarnya.

Pada bayi yang sudah berusia 2 bulan, jika ia menghindari kontak mata, ini merupakan salah satu indikator autis.

Baca juga: Jangan Abaikan Anak Autis, Lakukan Diagnosa Dini dan Gali Potensinya

2. Tidak mengikuti arah gestur

Bayi biasanya sangat aktif untuk mempelajari gestur sebelum mereka belajar untuk berbicara. Salah satu indikator anak autis sejak bayi adalah ketika bayi tidak melihat ke arah yang Anda tunjuk.

3. Memberi respons yang sangat sedikit jika dipanggil

Pada usia 6 bulan, bayi sudah sadar akan namanya sendiri, terutama ketika dipanggil oleh ibunya. Penelitian membuktikan bahwa banyak bayi autis yang tidak merespons atau hanya sedikit merespons namanya. Hal ini bisa terlihat ketika mereka berusia 9 bulan.

4. Ekspresi wajah yang hanya menunjukkan sedikit emosi

Ciri-ciri anak autis sejak bayi lainnya adalah emosi yang ditunjukkannya lebih sedikit. Hal ini dibandingkan dengan anak yang tidak autis.

5. Speech delay

Bayi mampu berbicara dalam waktu yang berbeda-beda. Namun, penelitian menemukan pada bayi berusia 12 bulan dan autis hanya bicara dan mengerti kata yang lebih sedikit. Jika sampai bayi berusia 16 bulan dan belum bisa berbicara sama sekali, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter anak.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Healthline
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.