NASA Ungkap Tanggal Peluncuran Teleskop Luar Angkasa James Webb

24/09/2021, 19:01 WIB


KOMPAS.com - Badan Antariksa Amerika Serikat NASA akhirnya menetapkan tanggal peluncuran Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST).

Jika semua berjalan sesuai rencana, misi yang telah lama ditunggu-tunggu ini akan meluncur ke orbit pada 18 Desember 2021 dari Guyana Prancis di atas roket Ariane 5.

Mengutip New Atlas, Jumat (24/9/2021) teleskop telah menyelesaikan fase pengujian terakhirnya beberapa minggu yang lalu.

Sejak itu teleskop dilipat ke dalam konfigurasi penyimpanannya, di fasilitas Northrop Grumman di California sebelum dikirim ke Guyana Prancis melalui Terusan Panama.

Baca juga: Terdampak Corona, Peluncuran Teleskop Luar Angkasa James Webb Ditunda

 

Sementara itu komponen utama roket Ariene 5, yang akan membawa teleskop luar angkasa NASA ini ke orbit, sudah tiba di lokasi peluncuran di Guyana terlebih dahulu.

Begitu berada di luar angkasa, Teleskop Luar Angkasa James Webb akan menuju Lagrange Point kedua (L2), wilayah di mana tarikan gravitasi Bumi dan Matahari seimbang untuk menciptakan 'tempat parkir' jangka panjang yang sempurna untuk teleskop.

Setelah berada di posisinya, teleskop akan memindai kosmos dengan cahaya inframerah setidaknya untuk beberapa dekade.

Di antara misi sainsnya, teleskop juga akan mempelajari cahaya paling awal di alam semesta, memeriksa planet eksoplanet secara lebih rinci dan bahkan dapat mendeteksi bukti kehidupan di luar Bumi.

Baca juga: Teleskop James Webb NASA Bakal Ubah Cara Manusia Memandang Semesta

 

Sebelumnya, seperti diberitakan Kompas.com, JWST harus menunda peluncurannya karena pandemi.

Perwakilan NASA menyebut meski keberhasilan misi penting tetapi keselamatan tim adalah prioritas utama.

JWST sendiri merupakan penerus dari Teleskop Hubble yang telah dipersiapkan untuk menggantikan tugasnya mengamati alam semesta.

Teleskop yang lebih besar 7 kali dari Hubble ini tentunya dibekali peralatan yang lebih canggih karena dipersiapkan untuk memecahkan berbagai misteri alam semesta, seperti misalnya kapan bintang serta galaksi pertama muncul sekitar 13 miliar yang lalu.

Teleskop James Webb NASA pun dilengkapi dengan pelindung Matahari supaya teleskop luar angkasa ini tetap dingin dan dapat menangkap gelombang inframerah yang terlihat dari galaksi dan bintang lain.

Baca juga: James Webb, Teleskop NASA untuk Teliti Galaksi Beroperasi Akhir 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber New Atlas
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.