Mengapa Kita Punya Alis?

10/07/2021, 19:30 WIB
Mummy, mengapa kita punya alis? - Alexander, 3 tahun, Brisbane.

Oleh: Christian Moro dan Charlotte Phelps

PERTANYAAN yang bagus banget, Alexander!

Alis tumbuh dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna. Mereka membuat wajah kita jadi unik. Tapi kegunaan alis bukan hanya itu.

Alis membantu kita mengekpresikan perasaan

Alis mengekspresikan perasaan kita. Kita mengernyitkan alis saat marah, dan mengangkat alis saat terkejut.

Menggerakkan alis juga bisa memberi sinyal bahwa kita sedang senang, bingung, sedih, atau kesal ke orang lain. Ekspresi ini membantu kita berkomunikasi. Jadi, alis bisa membantu kita bercerita tanpa mengucapkan sepatah kata pun.

Seberapa cepat kita menggerakkan alis kita juga penting. Saat kita sedih, kita menggerakkan alis secara perlahan. Saat kita marah, kita menggerakkan alis lebih cepat. Dan saat kita senang, kita alis kita bergerak paling cepat.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia: Mengapa Manusia Punya Alis dan Bulu Mata?

Alis melindungi mata

Ketika berlari pada hari yang panas, keringat suka muncul di dahi kita. Bentuk tulang dan kulit di sekitar alis membantu mengarahkan keringat ke sisi wajah kita dan mencegah keringat langsung ke mata kita.

Arah tumbuh barisan rambut alis juga membantu melindungi mata kita dari keringat, kotoran , debu dan air.

Ketika ada debu di alis, kita sering berkedip otomatis untuk menghilangkan debu tersebut. Bahkan, ketika debunya mendarat hanya di salah satu alis, kedua mata kita berkedip-kedip.

Alis kita juga melindungi mata kita dari cahaya yang menyilaukan. Bulu alis kita mengurangi sinar matahari yang masuk ke mata kita.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.