Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misteri Tubuh Manusia: Mengapa Manusia Punya Alis dan Bulu Mata?

Kompas.com - 18/06/2021, 08:02 WIB
Monika Novena,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernahkah terpikir mengapa manusia memiliki alis dan bulu mata? Yang jelas keduanya punya fungsi lebih dari sekedar hiasan saja.

Mengutip Live Science, Rabu (16/6/2021) kedua bagian tubuh itu punya tujuan utama untuk melindungi mata.

"Tujuan mereka adalah menjadi lapisan perlindungan lain untuk bola mata terhadap apa pun itu, mulai dari benda cair, padat, debu, hingga serangga," ungkap Dr.Stephanie Marioneaux, juru bicara klinis American Academy of Ophthalmology.

Baca juga: Cara Mengurangi Mata Minus Dengan Mudah

Menurut Marioneaux, alis akan melindungi mata dari keringat, hujan, ketombe yang jatuh ke wajah dengan cara menangkap atau menyerap materi. Sudut alis juga mengarahkan materi itu menjauh dari mata.

Alis juga memiliki beberapa fungsi lainnya. Seperti misalnya, alis sangat penting untuk ekspresi wajah dan mengkomunikasikan emosi halus.

Menurut sebuah pemodelan virtual 2018 yang terbitkan dalam jurnal Nature Ecology & Evolution, alis mungkin juga telah berevolusi untuk memungkinkannya bergerak lebih ekspresif.

Sementara itu bulu mata juga memiliki fungsi perlindungan yang serupa namun dengan cara yang berbeda.

"Bulu mata hampir seperti kumis wajah. Mereka panjang dan sensitif. Saat sesuatu menyentuh mereka, itu memicu respon kedipan sebagai mekanisme pertahanan. Dan ini memberi Anda sedikit peringatan bahwa ada sesuatu di sekitar yang sebenarnya bisa melukai mata," kata Marioneaux.

Studi yang dipublikasikan di Journal of Royal Science Interface menyebutkan, bulu mata juga bisa terkena cairan, debu, dan iritasi mata lainnya. Selain itu, bulu mata dapat membantu menjaga mata tetap lembab dengan membatasi penguapan.

Beberapa kondisi dapat menyebabkan seseorang kehilangan alis atau bulu mata. Salah satunya adalah kondisi alopecia yang dikenal sebagai kerontokan rambut yang merata.

Baca juga: Mengapa Bulu Mata Atas Lebih Panjang dari yang Bawah?

Terkadang bulu mata juga rontok karena alasan yang tak diketahui atau seseorang mungkin mencabutnya karena iritasi atau kecemasan. Semisal pada kasus orang dengan kondisi trikotilomania yang memiliki dorongan untuk mencabut rambut mereka.

Tiroid yang kurang aktif juga dapat menyebabkan alis menipis. Orang dengan lupus pun juga bisa memicu kerontokan pada alis atau bulu mata. Jadi jika memang menemui kondisi alis atau bulu mata menipis atau rontok, Marioneaux pun menyarankan untuk tak segan menemui dokter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com