Kompas.com - 03/06/2021, 13:01 WIB
Cara mengurangi mata minus InaPlavansCara mengurangi mata minus

KOMPAS.com - Mata adalah salah satu organ yang penting bagi manusia. Mata berfungsi untuk melihat benda-benda serta menangkap informasi di sekitar manusia. Namun mata bisa mengalami gangguan kesehatan yang mempengaruhi fungsi penglihatan.

Salah satu gangguan pada mata adalah mata minus atau rabun jauh. Dalam dunia kedokteran, kondisi ini juga disebut dengan miopia.

Orang dengan mata minus tidak memiliki masalah dalam melihat objek yang dekat dengan mata, namun tidak bisa melihat objek yang jauh dengan jelas.

Faktor-faktor yang bisa memicu mata minus kebanyakan berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan dalam jarak dekat, misalnya menonton televisi, membaca, menulis, dan menggunakan komputer. Selain itu, faktor genetik juga mempengaruhi resiko mengalam mata minus.

Dilansir dari Health Line, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah untuk meningkatkan kualitas penglihatan dan bisa mengurangi mata minus.

Baca juga: 7 Penyebab Mata Merah yang Ada di Sekitar Anda

Makan makanan yang bergizi

Mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian sangat penting bagi tubuh. Vitamin A, C, E, zinc, dan antioksidan sangat penting untuk mencegah degenerasi pada sel mata. Nutrisi ini akan mencegah penuaan pada sel mata.

Beberapa bahan makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk mata antara lain adalah wortel, cabai, brokoli, bayam, stroberi, ubi, dan jeruk. Selain itu, makanan yang kaya akan omega 3 juga baik untuk mata. Contohnya adalah berbagai macam ikan.

Olahraga teratur

Olahraga teratur tidak hanya baik untuk tubuh, tapi juga bagi mata Anda. Olahraga teratur akan memperlancar peredaran darah Anda dan memastikan bahwa mata mendapatkan nutrisi yang cukup melalui peredaran darah.

Pada pasien diabetes tipe II, dilaporkan bahwa pasien mungkin mengalami retinopati diabetik. Ini merupakan kondisi saat fungsi mata menurun akibat pembuluh darah di mata mengecil.

Untuk mencegah dan mengontrol diabetes tipe II, olahraga rutin adalah salah satu solusi yang sangat baik.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.