Kompas.com - 03/06/2021, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Usai digunakan sejumlah negara, termasuk Indonesia, vaksin Covid-19 buatan Sinovac, China mendapat izin penggunaan darurat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Ini adalah salah satu berita terpopuler Kompas.com edisi Rabu (2/6/2021) hingga Kamis (3/6/2021).

Masih soal Covid-19, banyak penyintas Covid-19 yang melaporkan gejala berkepanjangan selama lebih dari tiga bulan. Apa saja gejala Long Covid juga menjadi berita populer lainnya.

Kemudian sejumlah manfaat mentimun untuk kesehatan hingga penjelasan kenapa daging merah tidak boleh dicuci, patut Anda simak.

Baca juga: [POPULER SAINS] Prakiraan Cuaca, Potensi Banjir | WHO Ubah Penamaan Varian Covid-19

Berikut ulasannya.

1. Vaksin Sinovac kantongi izin WHO

Ilustrasi vaksin Sinovac, CoronaVac, izin penggunaan darurat WHO.SHUTTERSTOCK/Shan_shan Ilustrasi vaksin Sinovac, CoronaVac, izin penggunaan darurat WHO.

Sinovac, vaksin China yang akhirnya mengantongi izin EUA (penggunaan darurat) dari WHO, sehingga dapat digunakan di negara-negara berpenghasilan rendah dalam program global, COVAX.

Seperti dilansir dari Reuters, Rabu (2/6/2021), daftar darurat WHO adalah sinyal bagi regulator nasional tentang keamanan dan kemanjuran produk yang memungkinkan vaksin Sinovac untuk bergabung dalan COVAX.

Seperti diketahui bahwa COVAX merupakan program global yang menyediakan vaksin terutama untuk negara-negara miskin, yang menghadapi kesulitan pasokan utama vaksin Covid-19 karena pembatasan ekspor dari India.

Panel ahli independen WHO mengatakan bahwa mereka merekomendasikan vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech untuk orang dewasa di atas usia 18 tahun.

Baca artikel selengkapnya di sini:

Kantongi Izin WHO, Vaksin Covid-19 Sinovac Masuk dalam COVAX

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.