Kompas.com - 17/06/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi jantung Ilustrasi jantung

KOMPAS.com - Martha Schroff terkena serangan jantung tahun lalu. Padahal ia sering berolahraga, dan tidak pernah sakit berat. Dia tidak pernah menduga bisa terkena serangan jantung. Hingga sekarang, ia belum sembuh sepenuhnya.

"Saya hidup sehat. Tidak minum alkohol, tidak merokok. Semua persyaratan hidup sehat, saya penuhi. Karena saya tidak merasakan jantung sakit, saya sama sekali tidak menduga, bisa terserang," tutur Martha Schroff.

Serangan jantung bukan penyakit khas pria

Serangan jantung, biasanya dianggap penyakit khas pria. Anggapan ini tidak benar.

Perempuan yang tekanan darahnya tinggi, berisiko jauh lebih tinggi terkena serangan jantung. Mereka juga lebih sering meninggal karenanya.

Baca juga: Ahli Jelaskan Bagaimana Atlet Bisa Terkena Serangan Jantung

Ahi Kardiologi Catherine Gebhard ingin mengubah itu. Ia meneliti dan mengajarkan kedokteran gender dengan fokus pada jantung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Gebhard, masalahnya, antara pria dan perempuan risetnya sangat tidak seimbang.

"Sebuah studi yang baru saja dipublikasikan, datanya 85 persen pria dan hanya 15 persen perempuan," kata Catherine Gebhard.

Konsekuensinya: akibat kurangnya data dan studi klinis, perempuan lebih sering terkena efek samping dibanding pria.

"Sekitar 1,5 sampai 2 kali lebih sering. Pedoman yang biasa kita gunakan, sebenarnya berlaku terutama untuk pria. Untuk perempuan tidak ada pedoman,"  tandas Catherine Gebhard.

Seperti Martha Schroff, banyak perempuan terlambat memberikan reaksi, karena mereka terlambat mengenali simtom. Tapi Martha Schroff sebenarnya masih beruntung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X