Kompas.com - 18/05/2021, 10:30 WIB
Ilustrasi bawang merah. SHUTTERSTOCK/NILASITOIlustrasi bawang merah.

KOMPAS.comBawang merah merupakan salah satu bumbu masak yang banyak digunakan hampir di setiap masakan. Bawang merah merupakan bumbu yang asli tumbuh di Asia Tengah dan Asia Tenggara, lalu menyebar ke India.

Bawang merah digunakan dalam Ayurveda, yaitu pengobatan tradisional dari India. Bawang merah dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati radang tenggorokan, infeksi, dan kembung.

Dilansir dari USDA National Nutrient Database, bawang merah mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Bawang merah mengandung karbohidrat, protein, folat, niasin, asam pantotenat, piridoksin, roboflavin, tiamin, sodium, potasium, dan zat besi.

Selain itu, bawang merah kaya akan vitamin A, B, C, fosfor, dan magnesium. Bawang merah juga mengandung peptida yang memiliki manfaat untuk meningkatkan imun Anda.

Baca juga: 7 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

Dilansir dari Style Craze (9/1/2018), berikut adalah manfaat dari bawang merah untuk kesehatan Anda.

Mencegah kanker

Bawang merah mengandung antioksidan tinggi yang bisa mencegah sel kanker tumbuh dan mengurangi resiko terkena kanker. Sebuah studi menunjukkan bahwa bawang merah mengandung etil asetat yang bisa memperlambat perkembangan sel kanker.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rutin mengonsumsi bawang merah juga terbukti menurunkan resiko terkena kanker usus karena efek antiinflamasi dan antioksidan yang terkandung di dalam bawang merah.

Menjaga kesehatan jantung

Dua antioksidan yang terkandung di dalam bawang merah adalah alisin dan kuersetin. Keduanya dipercaya memiliki khasiat untuk mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Alisin juga menstimulasi produksi glutation, yaitu antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.
Selain itu kandungan potasium dalam bawang merah bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan pembuluh darah serta meregulasi tekanan darah.

Membantu proses detoksifikasi

Bawang merah secara umum melancarkan peredaran darah. Peredaran darah merupakan tahap yang penting untuk mengeluarkan toksin dari dalam tubuh, maka dari itu bawang merah dipercaya bisa membantu proses detoksifikasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X