Kompas.com - 08/05/2021, 13:15 WIB
Bawang putih tunggal UnsplashBawang putih tunggal

KOMPAS.comBawang putih tunggal sedang ramai dibicarakan karena dianggap rasanya enak jika dikombinasikan dengan saus sriracha dan cabai. Selain rasanya yang enak, bawang putih tunggal memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Jumlah panen bawang putih tunggal yang tidak terlalu banyak, membuat bawang putih tunggal sering diawetkan dengan cara diacar. Dilansir dari SRJ Global, perbandingan panen bawang putih biasa dengan bawang putih tunggal adalah 1000:1. Tak heran, banyak yang menjualnya sebagai acar ketimbang dijual segar.

Bawang putih tunggal adalah bawang putih bulat berukuran kecil hanya 2-5 sentimeter saja. Rasa dan aromanya kuat. Kulitnya berwarna putih keunguan. Bawang tunggal hanya terdiri dari satu siung saja.

Baca juga: Viral di TikTok Makan Acar Bawang Putih dengan Saus dan Cabai, Ini Bahayanya

Bawang putih banyak dicari orang untuk mendapatkan khasiatnya bagi kesehatan. Berikut manfaat bawang putih tunggal bagi tubuh.

 

Menurunkan kolesterol

Memakan satu siung bawang putih tunggal setiap pagi bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurunkan tekanan darah

Bawang putih tunggal mengandung 17 asam amino, 33 komponen sulfur, dan 200 enzim yang bermanfaat bagi kesehatan jantung . Manfaatnya adalah bermanfaat merelaksasi pembuluh darah, sehingga tekanan darah menurun.

Baca juga: Ramuan Bawang Putih 1.000 Tahun Diklaim Sebagai Antibiotik Paling Manjur, Kok Bisa?

Menurunkan kadar lemak dalam darah

Bawang putih tunggal bermanfaat untuk mengurangi lemak dalam darah. Mengurangi lemak dalam darah bisa mengurangi gumpalan dalam pembuluh darah yang bisa menyumbat pembuluh darah.

Asma

Mengonsumsi bawang putih tunggal juga dipercaya bisa mengobati asma dan infeksi saluran nafas.

Penyakit hepatotoksik oksidatif akut

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di NCBI (18/8/2017) membuktikan bahwa ekstrak bawang putih tunggal memiliki kadar antioksidan yang tinggi dibandingkan bawang putih biasa.

Ekstrak bawang putih yang menunjukkan adanya kemampuan memperbaiki penyakit liver pada kelinci. Penelitian tersebut memiliki ide untuk menjadikan bawang putih tunggal sebagai pilihan perawatan hepatotoksik oksidatif akut.

Tingginya antioksidan dalam bawang putih tunggal juga dipercaya bisa mengurangi hingga 50% resiko terkena kanker.

Baca juga: Viral, Benarkah Tempelkan Bawang Putih di Tangan Bisa Sembuhkan Sakit Gigi?

Antibakteri dan antijamur

Bawang putih tunggal mengandung zat bernama Allicin. Dilansir dari Pubchem NCBI, Allicin adalah zat antijamur dan antibakteri. Saat ini Allicin sedang diteliti kegunaannya untuk mengatasi limpoma folikular.

Mengontrol diabetes

Mengonsumsi 2-3 siung bawng putih tunggal dipercaya mampu mengurangi gula darah. Kombinasi Allicin dan vitamin B dipercaya bisa meregulasi insulin dalam darah. Maka dari itu, bawang putih tunggal bisa membantu mengontrol diabetes.

Itu dia manfaat bawang putih tunggal. Anda suka makan bawang putih tunggal dengan cara apa, langsung atau dicampur saus?

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X