Kompas.com - 08/05/2021, 12:35 WIB
Ilustrasi bau mulut SIphotographyIlustrasi bau mulut

KOMPAS.comBau mulut bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang jika berbicara dengan orang lain. Padahal penyebab bau mulut bisa diatasi dengan mudah.

Bau mulut biasanya jarang teridentifikasi langsung oleh diri sendiri. Biasanya ia akan diberitahu oleh pasangan, keluarga, atau temannya. Seseorang tidak bisa mengidentifikasi sendiri karena biasanya sudah terbangun toleransi pada indera penciumannya sendiri. Jika mengetahui ia memiliki bau mulut, seseorang akan cenderung menghindari kehidupan sosial.

Bau mulut bisa menyerang pria maupun wanita, dan bisa menyerang semua umur. Dilansir dari NCBI Tahun 2013, lebih dari 50% populasi dunia mengalami bau mulut.

Walaupun bau mulut bisa disebabkan multifaktor, 90% kasus disebabkan kebersihan mulut yang buruk. Kebersihan mulut yang buruk meliputi gigi berlubang, penyakit gusi, tongue coat, sisa makanan yang menempel di gigi, gigi tiruan yang tidak bersih, tambalan yang kurang baik, dan infeksi tenggorokan.

Baca juga: Pahami Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa dan Penyebabnya

Proses terjadinya bau mulut adalah terbentuknya molekul yang mudah menguap dari dalam mulut. Molekul yang mudah menguap ini bisa berasal dari komponen sulfur, nitrogen, keton, dan lemak di dalam rongga mulut.

Bakteri akan bereaksi dengan bahan yang mengandung sulfur di dalam mulut dan menghasilkan gas berbau, salah satunya hidrogen sulfida. Gas yang dihasilkan berbeda berdasarkan komponen apa yang bereaksi dengan bakteri. Gas hasil reaksi inilah yang terdeteksi sebagai bau mulut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bau mulut bisa ditangani dengan mudah asalkan tepat cara penanganannya berdasarkan penyebabnya. Ini adalah penyebab bau mulut yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: Apa Penyebab Bau Mulut pada Pagi Hari?

Gigi berlubang

Gigi berlubang disebabkan oleh bakteri. Keberadaan bakteri pada gigi berlubang bisa jadi salah satu pencetus reaksi bakteri dengan sisa makanan yang memicu bau mulut.

Tongue coating

Ini adalah kondisi dimana lidah tertutup plak sisa makanan berwarna putih kekuningan.

Penyakit gusi

Kebanyakan penyakit gusi disebabkan karena plak dan karang gigi. Pada plak dan karang gigi terdapat bakteri dan memiliki permukaan yang kasar, sehingga menjadi tempat retensi yang baik untuk sisa makanan sehingga terjadi reaksi antara sisa makanan dan bakteri yang menimbulkan bau tidak sedap.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X