Kompas.com - 17/05/2021, 16:31 WIB
Ilustrasi vaksin CanSino. Vaksin yang dikembangkan CanSino Biologics Inc ini berasal dari China, menjadi salah satu vaksin yang digunakan dalam vaksinasi gotong royong di Indonesia. SHUTTERSTOCK/PalSandIlustrasi vaksin CanSino. Vaksin yang dikembangkan CanSino Biologics Inc ini berasal dari China, menjadi salah satu vaksin yang digunakan dalam vaksinasi gotong royong di Indonesia.


KOMPAS.com- Hari ini, Senin (17/5/2021), vaksinasi gotong royong mulai dilaksanakan. Ada dua vaksin Covid-19 yang akan digunakan, yakni dari Sinopharm dan CanSino.

Vaksinasi gotong royong adalah pelaksanaan imunisasi yang ditujukan kepada karyawan/karyawati, keluarga dan individu lain dalam keluarga yang pendanaannya dibebankan pada badan hukum atau badan usaha.

Seperti diberitakan Kompas.com, penerima vaksin gotong royong ini tidak dipungut bayaran atau gratis, karena pembiayaannya ditanggung oleh perusahaan.

Selain vaksin Sinopharm, dalam pelaksanaan vaksinasi gotong royong juga akan diberikan vaksin CanSino.

Dari mana asal vaksin CanSino?

Baca juga: Studi Baru: 3 Vaksin Covid-19 Efektif Melawan Varian Baru Virus Corona

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Vaksin CanSino adalah vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi, CanSino Biologics yang berasal dari China.

Vaksin China ini digunakan untuk mencukupi kebutuhan vaksinasi gotong royong dan pemerintah telah menyiapkan sebanyak 5 juta dosis vaksin CanSino.

Vaksin Covid CanSino menjadi yang pertama kali diberika hak paten oleh Pemerintah China, yakni pada 11 Agustus 2020.

Menurut BioFarma, produsen vaksin CanSino berkomitmen mengirimkan 3 juta dosis vaksin virus corona ini, antara bulan Juli hingga September 2021.

Baca juga: Soal Data Vaksin Covid-19 Sinopharm, Kepercayaan WHO Sangat Rendah

 

Sedangkan pada kuartal 4 tahun ini, perusahaan tersebut akan kembali mengirim sebanyak 2 juta dosis, sehingga total menjadi 5 juta dosis vaksin CanSino untuk mencukupi kebutuhan vaksinasi gotong royong.

Efikasi vaksin CanSino

Berbeda dari vaksin China lainnya, yang cenderung memerlukan dua suntikan untuk memperkuat efektivitas vaksin dalam mencegah infeksi virus corona.

Vaksin CanSino hanya memerlukan satu suntikan atau satu dosis saja.

Kendati demikian, efikasi vaksin atau kemanjuran vaksin CanSino disebut dapat memberikan perlindungan sekitar 65-69 persen, dalam satu suntikan.

Baca juga: Jenis-jenis Vaksin Covid-19 di Dunia, dari Teknologi dan Cara Kerjanya

Halaman:


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X