Ilustrasi superhero Marvel ShutterstockIlustrasi superhero Marvel

Mungkinkah Superhero Ada di Dunia Nyata? Sains Menjawab

17/05/2021, 16:03 WIB
Apakah seseorang bisa menjadi pahlawan super di dunia nyata? - Emma, enam tahun, dari Tonbridge, Inggris

Oleh: Sarah Hainsworth dan Michael Fitzpatrick

APAKAH kamu tahu perbedaan dari dua kelompok pahlawan super di bawah ini?

Jawabannya adalah para pahlawan super di kelompok pertama semuanya memiliki kekuatan super di dalam diri mereka. Artinya, mereka bisa melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan oleh manusia biasa: Dr Strange bisa melakukan teleportasi dari satu tempat ke tempat lain, dan Scarlet Witch bisa menggerakkan barang menggunakan kekuatan pikirannya.

Di sisi lain, para pahlawan super di kelompok kedua semuanya adalah manusia biasa yang menggunakan kemampuan mereka untuk melakukan apa yang tidak mungkin dilakukan oleh kebanyakan orang seperti kita. Sebagian besar dari mereka menggunakan alat canggih atau teknologi rahasia.

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Superhero, dari DC hingga Marvel

Berbagai teknologi tersebut tentunya adalah karangan, dan banyak diciptakan oleh penulis komik seperti Stan Lee lebih dari 50 tahun yang lalu.

Sekarang, kita berada di abad ke-21, teknologi yang ada sekarang sedang dalam proses menyusul penemuan teknologi dalam komik tahun 1960-an – sehingga mungkin saja seseorang bisa menjadi pahlawan super seperti Black Panther atau Iron Man di dunia nyata pada masa depan.

Mari mulai dengan Iron Man. Dia bisa terbang menggunakan jet pack pribadi. Di dunia nyata, masalah menggunakan jet pack adalah sulitnya membawa bahan bakar yang cukup untuk terbang tidak hanya jauh, tapi juga efisien.

Pada Oktober 2019, Richard Brownning di Inggris memecahkan rekor kecepatan baru untuk terbang menggunakan jet pack. Browning waktu itu memakai kostum yang dipasang dengan enam mesin turbin gas.

Seperti Iron Man, Browning menggunakan tangannya untuk mengemudi, menggunakan dua motor kecil di kedua tangannya, dan juga dua mesin turbin yang lebih besar di punggungnya agar dia bisa melejit dari tanah dan terus berada di udara.

Baca juga: Stan Lee, Ayah Para Superhero Marvel, dan Warisannya bagi Dunia Sains

Saat itu, Browning mencapai kecepatan 135 kilometer per jam, terbang melewati laut di Brighton, Inggris, (ini memastikan pendaratan yang aman jika terjadi kesalahan).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.