Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat Einstein Ditemukan, Berisi Prediksi Kemampuan Super Burung

Kompas.com - 14/05/2021, 19:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa dekade sebelum kita tahu bahwa burung bisa melihat medan magnet bumi, Albert Einstein telah memprediksi kemungkinan indra super pada hewan.

Surat Einstein itu sebelumnya telah lama hilang.

Itu adalah jawaban dari pertanyaan seorang ilmuwan bernama Glyn Davys pada tahun 1949.

Menilai dari jawaban Einstein, pertanyaan Davys kemungkinan berkaitan dengan indra hewan dan dunia fisik.

Baca juga: Prediksi Einstein Terbukti, Katai Putih Ditemukan Menyeret Ruang dan Waktu

"Dapat dipikirkan bahwa penyelidikan perilaku burung migran dan merpati pos suatu hari nanti dapat mengarah pada pemahaman tentang proses fisik yang belum diketahui," tulis Einstein dalam jawabannya untuk Davys.

Lebih dari 70 tahun kemudian, kini kita tahu bahwa prediksi Einstein terbukti.

Para peneliti di masa sekarang telah membuktikan bahwa burung dapat merasakan medan magnet bumi menggunakan fotoreseptor khusus di mata mereka yang sensitif terhadap pergeseran halus dari medan magnet bumi.

Kemampuan ini yang membantu para burun bermigrasi ribuan kilometer tanpa tersesat.

Hewan lain, seperti penyu, anjing, dan lebah, juga menunjukkan kemampuan luar biasa untuk merasakan medan magnet bumi, meski tidak melalui mata.

"Sungguh menakjubkan, Einstein dapat memprediksi kemungkinan tersebut, beberapa dekade sebelum bukti empiris mengungkap bahwa beberapa hewan emmang dapat melihat medan magnet bumi dan menggunakan informasi tersebut untuk navigasi," tulis para peneliti di The Hebrew University of Jerusalem, tempat surat Einsten disumbangkan.

Dilansir Science Alert, Kamis (13/5/2021), Einstein memiliki beberapa petunjuk untuk memandu pemikirannya.

Pada saat surat itu ditulis, ilmu biologi dan fisika mulai menyatu, tidak seperti sebelumnya.

Selain itu, Davys adalah seorang peneliti di bidang ini, yang mungkin menjadi alasan mengapa dia tertarik pada indra aneh hewan seperti yang ditunjukkan lebah.

Hal serupa ada di dalam diri Einsten. Tampaknya fisikawan terkenal itu terpesona pada ilmu biologi sebagai jendela kekuatan fisik yang tak terlihat.

Surat Einstein yang lama hilang ditemukan. Di dalamnya berisi prediksi Einstein terkait kemampuan super yang dimiliki burung migrasi seperti merpati. Prediksi Einstein itu terbukti benar 70 tahun kemudian.Dyer et al., J Comp Physiol A, 2021 via Science Alert Surat Einstein yang lama hilang ditemukan. Di dalamnya berisi prediksi Einstein terkait kemampuan super yang dimiliki burung migrasi seperti merpati. Prediksi Einstein itu terbukti benar 70 tahun kemudian.

Surat balasannya, yang tidak ditemukan sampai kematian Davys pada tahun 2011, pendek, tetapi menegaskan Einstein juga terpesona oleh perilaku lebah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com