Kompas.com - 17/05/2021, 08:01 WIB
Ilustrasi vaksinasi yang diperoleh sebelumnya, menurut penelitian dapat melatih sistem kekebalan tubuh, sehingga di saat pandemi virus corona memberikan risiko infeksi Covid-19 yang lebih rendah. SHUTTERSTOCK/Africa StudioIlustrasi vaksinasi yang diperoleh sebelumnya, menurut penelitian dapat melatih sistem kekebalan tubuh, sehingga di saat pandemi virus corona memberikan risiko infeksi Covid-19 yang lebih rendah.


KOMPAS.com- Vaksinasi di Italia, menunjukkan hasil yang menggembirakan. Studi menunjukkan, setelah suntikan vaksin Pfizer, Moderna dan AstraZeneca, angka infeksi, bahkan kematian Covid-19 menurun drastis.

Dilansir dari Reuters, Senin (17/5/2021), menurut penelitian di Italia, yang diterbitkan Sabtu lalu, infeksi Covid-19 pada orang dewasa, segala usia, turun drastis.

Setelah sebagian besar dari mereka mendapat suntikan vaksin Pfizer (PFE.N), Moderna (MRNA.O) atau AstraZeneca (AZN.L).

Studi pertama yang dilakukan oleh negara Uni Eropa, telah menunjukkan dampak nyata kampanye vaksinasi.

Baca juga: Jika Sudah Vaksinasi, Masih Bisakah Terinfeksi Covid-19? Ini Kata Ahli

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kampanye vaksinasi Covid-19 dilakukan oleh National Institute of Health (ISS), Italia dan Kementerian Kesehatan terhadap 13,7 juta orang yang divaksinasi secara nasional di negara ini.

Para ilmuwan mulai mempelajari data sejak kampanye vaksinasi Covid-19 dimulai di Italia, pada 27 Desember 2020 hingga 3 Mei 2021.

Analisis menunjukkan bahwa risiko infeksi virus SARS-CoV-2, rawat inap hingga kematian akibat Covid-19, menurun secara progresif setelah dua minggu pertama vaksinasi awal dilakukan.

Setelah vaksinasi Covid-19 dimulai di Italia, ISS mengatakan pada 35 hari setelah dosis pertama, terdapat penurunan infeksi sebesar 80 persen, penurunan rawat inap sebesar 90 persen, dan penurunan kematian sebesar 95 persen.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Israel Berhasil Turunkan Penularan dan Kematian

Halaman:


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X